Duka Bersama di Penghujung Tahun

Penghujung tahun ini, kabar duka kembali datang dari dari timur Pulau Jawa. Atap tertinggi di Jawa Timur ini memuntahkan isi perut bumi.

Bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur telah menimbulkan dampak yang begitu besar, baik kerugian jiwa maupun materiil.

Dari laporan tim pencarian dan pertolongan di lapangan per pukul 12.00 WIB, jumlah korban meninggal dari erupsi Gunung Semeru bertambah 4 orang, sehingga totalnya menjadi 43 orang. Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, 32 orang di antaranya mengalami luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

Selain itu, erupsi tersebut juga telah mengakibatkan lebih dari 5.000 warga terpaksa mengungsi yang saat ini tinggal di berbagai titik pengungsian. Hampir 3.000 rumah warga dan puluhan fasilitas umum juga dinyatakan rusak berat.

Dampak lainnya dari segi ekonomi adalah rusaknya kendaraan milik warga, serta matinya berbagai hewan ternak berupa sapi, kambing dan unggas yang jumlahnya mencapai ribuan.

Begitu besar dampak yang telah ditimbulkan oleh erupsi Gunung Semeru tersebut menguji kepedulian kita sebagai rakyat Indonesia untuk saling peduli dan membantu. Tentunya tidak ada yang menginginkan dan menduga datangnya bencana ini. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana untuk saling jaga.


Aqil Supriyanto

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023