Cara Simpel Tetap Sehat Saat Pancaroba

Ketika musim pancaroba ini, cuaca serta suhu udara menjadi tidak stabil yang menyebabkan tubuh kita dipaksa bertemu dengan perubahan cuaca dan suhu yang membuat banyak orang mudah terkena penyakit. Menurut Dr. Benjamin Kaplan seorang dokter penyakit dalam di Orlando Health, Florida menyatakan bahwa sekelompok virus yang berbeda akan mudah berkembang di saat perubahan suhu sering terjadi dan virus inilah yang biasanya menyebabkan banyak orang sakit. Ada beberapa cara simple yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit di tiap musim pancaroba.

Yang pertama, yaitu minum air yang cukup. Hal ini sangat diperlukan karena kebiasaan kita meminum air saat musim kemarau dengan musim hujan itu akan berbeda, akan lebih sedikit pada saat musim hujan, hal itu di sebabkan karena kondisi suhu yang dingin saat musim hujan. Meminum air putih secara cukup dan berkala akan membantu tubuh untuk membuang semua racun. Terlebih lagi, air akan membantu saluran hidung dan tenggorokan untuk menjaganya agar tetap lembap sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Yang kedua, yaitu dapatkan sinar matahari yang cukup. Berjemur adalah salah satu kegiatan simple untuk menjaga bdan tetap sehat, kebutuhan vitamin D akan selalu tinggi untuk menjaga Kesehatan tubuh karena vitamin D berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah penularan penyakit.

Yang ketiga, yakni rutin berolahraga. Suhu yang dingin pada saat pancaroba seringkali membuat kita malas untuk berolahraga, seharusnya tubuh kita harus tetap bergerak karena dengan berolahraga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah yang akan membuat tubuh kita memiliki sistem imun yang kuat.

Yang terakhir, yaitu hal yang paling mudah akan tetapi kita selalu malas yakni menjaga kebersihan. Kebiasaan baik seperti mandi, mencuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan adalah salah satu Langkah terbaik dalam menjaga kebersihan diri karena dengan melakukan kegiatan itu kuman yang mungkin berkumpul di kulit akan bersih. Selain keberihan diri adapun kebersihan lingkungan, di musim pancaroba ini lingkungan kita harus selalu bersih karena selain kuman dan virus yang dapat mudah untuk berkembang biak adapun nyamuk yang selalu berkembang cepat di saat pancaroba ini.

Begitulah cara simpel agar bisa tetap sehat saat musim pancaroba. Pada saat pancaroba ini kita harus senantiasa semangat dan rajin dalam memperhatikan kesehatan tubuh kita kerena bukan hanya penyakit dan bakteri yang bisa menyerang tubuh kita, adapun virus Covid-19 yang sampai saat ini masih tinggi angka penyebarannya. Ayo jaga kesehatan dengan memulai dengan cara yang simple.

Ilham Abdurohman
Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam
Bandung Jawa Barat
ilhamabdurohman09@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023