Kelurahan Cipadung dan Kelurahan Palasari Adakan Vaksinasi Secara Serempak

Dakwahpos.com, Bandung – Dua kelurahan di daerah Cibiru yakni Kelurahan Cipadung dan Kelurahan Palasari mengadakan vaksin gratis bagi warganya, pada Kamis (14/10/2021). Kegiatan vaksin menyeluruh ini merupakan kerja sama antara Dinas Kesehatan dengan Puskesmas Cipadung yang bertempat di Transmart Carrefour Cipadung.

Beni, salah seorang Aparatur Kelurahan menjelaskan bahwa dosis yang tersedia pada kegiatan vaksin kali ini mencapai 860. Dan harapnya dosis sejumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan vaksin bagi warga Kelurahan Cipadung serta warga Kelurahan Palasari.

"Sudah dilakukan pengumpulan data selama beberapa hari kemarin, dan langsung dikelola melalui aplikasi Puskesmas. Jadi kegiatan vaksin dapat dimulai sejak pukul 08.00 WIB," pungkasnya.

Sejumlah 15 bidan yang berasal dari tenaga kesehatan Puskesmas Cipadung ikut serta dalam kegiatan gebyar vaksin masal ini. Selain itu, beberapa mahasiswa dari Universitas Bhakti Kencana juga ikut dilibatkan untuk membantu menyukseskan kegiatan vaksin tersebut.
 
Hal itu diungkapkan oleh Sri Widyanti, seorang bidan yang mengepalai kegiatan vaksin dan juga menjabat sebagai ketua Ikatan Bidan Indonesia di cabang Ujung Berung. Bahkan ia pun mengatakan adanya kemungkinan pelaksanaan vaksin dosis kedua kelak juga akan bertempat di Transmart Carrefour Cipadung, dengan jenis vaksin yang sama pula, vakni Sinovac.

Sri Widyanti juga menjelaskan secara singkat mengenai tahapan kegiatan vaksin. "Dimulai dari pendaftaran, lalu screening untuk memastikan apakah bisa disuntik atau tidak, kemudian langsung menuju meja vaksin, dan yang terakhir akan diobservasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pasca vaksin."

Rentang waktu kegiatan vaksin tersebut dibagi menjadi dua, mulai dari pukul 08.00-10.00 diperuntukkan bagi warga Kelurahan Cipadung, sedangkan pukul 10.00-12.00 untuk warga Kelurahan Palasari. Hal ini bertujuan agar kegiatan vaksin berlangsung secara tertib.

Salah seorang warga Kelurahan Cipadung yang berpartisipasi dalam kegiatan vaksin, Indriani Agustina menuturkan bahwa ia sudah datang ke Transmart Carrefour Cipadung sejak pukul 08.00. Tetapi tetap saja, ia mendapatkan nomor antrian ke-180 karena jumlah warga yang ikut cukup membludak. Meskipun begitu, kegiatan gebyar vaksin masal ini tetap berjalan dengan lancar.

Reporter: Azzahra Khoirunnisa.  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023