Keberkahan di Bulan Ramadhan

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara kultum masjid ikomah, Selasa (20 April 2021)

Kultum masjid ikomah merupakan kultum rutinan yang diadakan oleh masjid ikomah, kultum ini merupakan kultum episode ke 127 yang dimana kultum ini di isi oleh
Ustadz Dr. H. Chaerul Shaleh, M.Ag dengan mengangkat tema "Berkah Ramadhan"

Dalam ceramahnya Ustadz Dr. H. Chaerul, M.Ag menuturkan bahwa kita harus bergembira dengan kedatangan keutamaan Allah dan rahmat Allah. 

"Allah memerintahkan kepada kita untuk bergembira dengan kedatangan keutamaan Allah dan rahmat Allah sebab keutamaan Allah dan rahmat Allah itu lebih besar dari semua dan segala yang dikumpulkan oleh umat manusia", ujar Ketua Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Beliau melanjutkan ceramahnya menjelaskan keutamaan dan rahmat allah yang di terjemahkan oleh para mufasir, dua hal yang di terjemahkan oleh para mufasir yaitu yang di sebut dengan fadlulloh dan rahmat Allah.

"Para mufassir kemudian menerjemahkan dua hal, yang disebutkan oleh para mufassir yang disebut dengan fadlulloh dan rahmat Allah. Apa wujudnya dan apa bentuknya? wujudnya dan bentuknya itu adalah al-qur'an dan al-hadits. Al-qur'an dan al-hadist di terjemahkan oleh para mufasir yaitu seutama-utama yang harus dipahami oleh umat manusia bahwa datangnya Al-quran, datangnya Rasulullah membawa al-hadits itulah yang harus dikumpulkan oleh kita karena dengan dua hal itulah manusia akan menemukan makna dalam hidupnya ini".

"Alquran diturunkan oleh Allah secara sengaja untuk umat manusia sebagai pedoman umat manusia agar manusia mampu mengelola dan menikmati semua fasilitas hidup yang Allah berikan kepada seluruh umat manusia tanpa kecuali", ungkapnya lebih lanjut

Lalu beliau pun menjelaskan bahwa Allah SAW membenci orang yang hanya mampu berbicara namun tidak bisa membuktikan apa yang orang itu bicarakan.

"Allah sangat benci kepada manusia-manusia hanya yang mampu berbicara tetapi pembicaraannya tidak pernah dibuktikan dalam bentuk aktivitas", ujarnya

Selanjutnya Ustadz Dr. H. Chaerul Shaleh, M.Ag menjelaskan tentang keutamaan, rahmat dan keberkahan bulan Ramadhan.

"Bulan Ramadhan, satu bulan penuh rahmat karena Allah menyediakan fasilitas kebaikan yang luar biasa pada diri kita yang seringkali kita menjadi manusia yang lupa diri. Allah bukakan pintu rahmat untuk kita, masihkah kita mau kita menutup diri untuk menggapai rahmat Allah yang Allah telah tebarkan dan yang Allah telah sebarkan di muka bumi ini wabil khusus di bulan Romadhon".

"Bulan yang disebut dengan bulan Maghfiroh Sebesar apapun dosa kita, maka datang kepada Allah memintakan ampun kepada Allah dengan keikhlasan dan tulus hati dalam diri kita karena Allah membuka pintu maaf untuk kita".

"Dan yang terakhir bulan Romadhon kemudian disebut dengan bulan penuh berkah, karena Allah hadir, malaikat hadir, terus hadir dalam diri kita"lanjutnya.

Akhir kultum beliau mengingatkan kita agar kita senantiasa membaca al-quran untuk mengamalkan al-quran.

"Marilah kita bersama-sama membuka diri untuk membaca ayat al-qur'an untuk mengingat - ngingat Alquran, untuk mengamalkan al-quran. Insya Allah kita akan dikaruniai oleh Allah SAW keberkahan dalam hidup, keselamatan dalam hidup" pungkasnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023