Untung Buntung Kemarau

oleh: Amelia Adkhilni Sa'diyyah

Kemarau panjang sekarang tengah terjadi. Hawa udara yang panas, sinar mentari yang sangat terik, air yang mulai mengalami penyurutan, panen yang terancam gagal menyebabkan masyarakat menjadi was-was dan khawatir. Apalagi untuk para petani. Bagi para petani,  ading menjadi suatu tempat mata pencaharian, jika kemarau tak kunjung selesai dan hujan tak kunjung datang membuat para petani menjadi khwatir panen nya menjadi gagal. Sumber penghasilan akan otomatis menurun yang menyebabkan mereka merugi besar karena hasilnya tidak memuaskan.

Ini juga menyulitkan bagi sebagian masyarakat karena dengan jumlah hasil panen yang terbilang sdikit membuat sebagian besar bahan pangan menjadi sedikit dan otomatis hrganya pun lebih mahal. Seperti cabai, sayuran, dan lain sebagainya. Kemarau ini juga memicu kekurangan air dimana-mana.

Namun, bagi sebagian profesi, kemarau menjadi suatu keuntung bagi mereka. Misalnya seperti para nelayan, mereka mendapat keuntungan dari kemarau ini karena sedikitnya curah hujan akan memudahkan mereka dalam melaut.

Mahasiswi UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023