Majlis Ta’lim Tentang Dzikir Sarang Syukur Di Masjid Ikomah

Dakwahpos.com, Bandung  – DKM Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara pengajian majlis ta'lim di masjid ikomah, Sabtu (9/10/2021) . Kegiatan yang diisi dengan ceramah  Ustadz Prof. KH. Syukriadi Sambas, M.Si ini mengangkat tema "Dzikir Sarang Syukur."

Dalam ceramahnya Ustadz Syukriadi Sambas mengungkapkan bahwa dzikir merupakan salah satu cara bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada Manusia dan juga dzikir merupakan salah satu cara agar dapat kebahagiaan dunia serta akhirat.

Dalam ceramahnya Ustadz Syukriadi Sambas juga mengungkapkan lebih lanjut tentang dzikir.

"dzikir berasal dari kata "zakara" berarti menyebut, menyucikan, menggabungkan, menjaga, mengerti, mempelajari, memberi dan nasehat. Oleh karena itu dzikir berarti mensucikan dan mengagungkan, juga dapat diartikan menyebut dan mengucapkan nama Allah atau menjaga dalam ingatan (mengingat)" ujarnya.

Dalam sebuah hadits dari Bukhari dan Muslim yang berbunyi "Perumpamaan orang yang berzikir dan orang yang tidak, seperti orang yang hidup dan orang yang mati." (HR. Bukhari dan Muslim). Dan juga bahwasannya orang yang berdzikir itu seperti menghapus dosa sebanyak buih dilautan.

Ustadz Syukriadi Sambas juga berkata bahwa berdzikir juga merupakan salah satu cara untuk bisa menenangkan diri dari berbagai macam hal yang terjadi dalam hidup. 

"Jika mendapat musibah maka berdzikir, jika sedang senang maka berdzikir, jika teringat sesuatu hal yang buruk maka berdzikir. Itu pula yang membuat dzikir bukan hanya sebagai penghapus dosa melainkan juga sebagai pelipur lara." Jelasnya.

Dalam ceramahnya juga beliau berkata bahwa dzikir merupakan do'a yang paling pendek dari setiap do'a, yang tidak pernah berdzikir setelah solat merupakan termasuk orang-orang yang sombong terhadap Allah SWT karena tidak pernah berdzikir. Karena berdzikirpun tidak memakan terlalu banyak waktu, bahwasannya kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT kita harus selalu bersyukur dengan cara berdzikir.


Faiz Naufal Habiburohman

NIM : 1204020048

Jl. Cijawura Girang III Gg. Kartadinata No. 8 RT/RW 03/14 40286

089609083348

faiznaufal40@gmail.com

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023