Optimalkan Tenaga Pengajar TPQ, DKM Al-Ikhlas Sukamaju Adakan Pelatihan Keguruan

Dakwahpos.com, Bandung. – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas Sukamaju yang beralamat di Kampung Sukamaju, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Kali ini mengadakan sesi pelatihan Tarbiyah dan Keguruan bagi tenaga pengajar bimbingan belajar anak-anak TPQ Al-Ikhlas Sukamaju. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu (14/10/2023) pelaksanaan pelatihan tarbiyah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bimbingan belajar anak-anak TPQ Al-Ikhlas Sukamaju. Bekerja sama dengan lembaga pendidikan di bidang Les Privat (SQ Education) selain memfasilitasi anak-anak untuk belajar kolaborasi ini juga memfasilitasi para pengajar untuk mengembangkan potensi diri dan memahami cara mengajar yang baik.

Agenda pelatihan tarbiyah dan keguruan kali ini dipandu oleh Desi selaku istri dari Ustaz Agus ketua DKM Al-Ikhlas Sukamaju. Pelatihan ini terdiri atas beberapa poin pembahasan penting dimana yang pertama ialah evaluasi kinerja pengajar selama pelaksanaan magang sebanyak 4× pertemuan. Pengajar memaparkan review singkat terkait kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan juga menceritakan kesan selama magang dan hal-hal apa yang paling berkesan dari anak-anak TPQ Al-Ikhlas Sukamaju. Pengajar juga memaparkan teknik pembelajaran dan metode pembelajaran tepat yang layak digunakan untuk anak-anak di TPQ. Dimana pengajar juga harus memahami secara penuh tkarakteristik masing-masing anak guna menerapkan metode belajar yang paling tepat untuk setiap anak.

Putri selaku salah satu mahasiswa utusan dari Lembaga les privat SQ Education memberi pernyataan bahwa ia merasa senang dan antusias dalam menjalani sesi pelatihan tarbiyah dan keguruan ini karena disamping mendapat pengalaman dalam mengajar anak-anak, melalui kegiatan ini ia juga mendapat bimbingan langsung dari staff ahli di Lembaga les privat SQ Education dalam masalah managerial waktu, memahami karakteristik anak, dan menentukan metode belajar yang tepat untuk mereka.

"Saya tentunya sangat bersyukur, disam;ping belajar untuk mendidik saya juga di didik untuk bisa memberikan metode pengajaran terbaik bagi anak-anak. Dibimbing oleh Bu Desi yang tentunya juga sangat berpengalaman dalam dunia Pendidikan. Saya berharap semoga untuk kedepannya saya mampu mengoptimalkan diri dan memberi kontribusi lebih untuk kemajuan Pendidikan anak-anak TPQ Al-Ikhlas Sukamaju." Ujar Putri

Dengan adanya pelatihan tarbiyah dan keguruan ini, seluruh jajaran DKM Al-Ikhlas Sukamaju menaruh harap penuh terhadap efektivitas agenda bimbingan belajar anak-anak TPQ Al-Ikhlas Sukamaju dengan totalitas dan kredibilitas para tenaga pengajar.

Reporter: Hasna Zahra Annabilah, Mahasiswi KPI/3 B.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023