Masjid Al-Hasan 3 Rayakan Maulid Nabi : Awali Setiap Kegiatan Dengan Bismillah

Dakwahpos.com, Bandung- DKM Masjid Al-Hasan 3 menggelar kegiatan memperingati Maulid nabi Muhammad Saw yang dilaksanakan pada Kamis, (28/9/2023). Kegiatan ini dihadiri dan dimeriahkan  oleh masyarakat setempat. DKM mengundang Habib Sarief Muhammad Al-Aydarus untuk mengisi acara tersebut.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan dari ketua DKM dan dilanjutkan dengan persembahan dari tim marawis. Peringatan maulid ini menjadi momen penuh berkah yang dihadiri oleh warga sekitar dengan sangat antusias. Tausiah yang dibawakan oleh Habib Sarief bertemakan "Keutamaan Membaca Bismilllah". Dalam tausiahnya Habib menjelaskan mengenai manfaat membaca bismillah sebelum memulai kegiatan apapun.

" Kanjeng nabi ngadaweuh kieu, كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ. Setiap padamelan anu sae teu dikawitan ku bismillah, amalan na pegat. Naon wae nu pegatna? Kahiji, pegat dina pahala Allah. Kadua, pegat dina rahmat Allah. Katilu, pegat dina barokah Allah. Kaopat, pegat dina kahampura Allah. Janten kieu, sagala kagiatan anu bade dikerjakeun kudu di awalan ku baca bismillah, supaya kagiatan na teh disarengan ku pahala." ungkap Habib Sarief.

Kemudian, Habib memberi contoh kegiatan yang sering dilakukan jemaah dirumah agar para jemaah selalu mengucap basmallah disetiap kegiatannya. Ketika mengucap basmallah disetiap kegiatan yang dilakukan, kita pasti mendapat banyak manfaat. Pertama, mendapatkan pahala dari Allah Swt. dan setiap kegiatan yang dilakukan akan berbentuk ibadah. Kedua, kita selalu mendapatkan anugrah dan rahmat dari Allah Swt. Ketiga, kita akan mendapatkan berkah dari Allah Swt.

"Tongkat Nabi Musa th mun dibuka dilebet na aya seratan tina kayu nu aya tulisan Bismillahirohmanirohim. Nalika Nabi Musa dibeurik ku pasukan na Fir'aun nepika ujung pantai, teu bisa kamana-mana deui. Saur malaikat jibril 'Musa kentrogkn eta tongkat kana taneuh' laut teh langsung beulah jadi jalan keur kabur na Nabi Musa ti pasukan Fir'aun. Pas Nabi Musa tos nepi ka daratan deui, tongkatna teh di kentrogkeun deui kana taneuh. Pasukan fir'aun langsung kaleleup cai laut, nu ayna disebut laut merah." ungkap Habib Sarief.

Habib sarief berpesan kepada para jemaah untuk selalu mengucap basmallah disetiap kegiatan yang akan dilakukan, agar kegiatan yang dilakukan menjadi ibadah dan mendapatkan pahala. Kegiatan maulid diakhiri dengan salat zuhur berjamaah.


Reporter : M Adji Firmansyah, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023