Waspada Penyakit Pada Musim Pancaroba

Musim pancaroba terutana di wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis, dimana terdapat dua musim yaitu kemarau dan hujan. Dan musim pancaroba adalah dimana peralihan antara musim hujan ke kemarau. Dimana pada saat musim pancaroba itu biasanya di tandai dengan cuaca yang sangat ekstrim, biasanya cuacanya tidak bisa di tebak kadang bisa hujan yang sangat deras di sertai petir dan angin kencang juga bisa kemarau yang sangat lama.

Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu ini juga berdampak buruk bagi kesehatan, karena bisa membuat daya tubuh seseorang melemah maka dari sini lah tubuh kita rentan terkena penyakit.

Dengan cuaca yang tidak beraturan sehingga memicu perubahan suhu dan kelembapan udara, ini mengakibatka munculnya berbagai penyakit yaitu seperti penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), ifeksi saluran pernapasan atau Influenza, dan Tipes

Dimana penyakit DBD atau demam berdarah ini biasanya di picu melalui virus yang di bawa melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Orang yang terkena penyakit DBD biasanya di tandai dengan sakit kepala, mual, pembengkakan kelenjar getah bening, dan bitnik-bintik merah pada area kulit. Penyakit ini bisa mengenai siapa saja, apalagi ketika tubuh kita memiliki system imun yang lemah.

Sedangakan penyakit infeksi saluran pernapasan atau influenza itu biasanya terjadi karena perubahan cuaca yang sangat tidak teratur sehingga memicu perubahan suhu dan kelembapan udara. Dengan kelembapan udara pada musim pancaroba ini membuat virus flu bertahan. Sehingga pada umunya penyakit ini di tandai dengan batuk berdahak, pilek, hidung tersumbat, hingga sakit pada tenggorokan. Penyakit ini rentang menyerang ketika sistem kekebalan pada tubuh kita rendah.

Ada juga dengan penyakit tipes atau demam typhoid ini salah satu penyakit pada musim pancaroba yang menyerang langsung pada area saluran pencernaan. Sehingga mengakibatkan seseorang ketika terkena penyakit ini mengalami diare, demam, dan juga bisa menghilangkan pola nafsu makan kita. Itu di karenakan adanya bakteri Salmonella Thyphosa. Bakteri ini mampu berkembang sangat cepat pada air yang kotor atau keruh, di karenakan sering terjadi hujan. Biasanya penyakit ini di sebabkan mengkonsumsi makanan yang kurang bersih atau tidak mencuci tangan sebelum makan.

Itu lah penyakit-penyakit yang harus kita waspadai ketika masuk musim pancaroba. Maka dari itu ketika masuk musim pancaroba sebaiknya kita sangat mementingkan kondisi fisik kita dengan sering berolahraga dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi sehingga imun pada tubuh kita tetap terjaga dan pola makan kita tetap teratur. Selain dengan menjaga pola makan dan sering berolahraga kita juga harus menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita.

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023