Perkuat Imun Untuk Hadapi Peralihan Musim


Secara astronomis indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Dimana dalam setahun mengalami dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Yang biasanya pergantian musim ini terjadi setiap enam bulan sekali. Pada masa peralihan musim inilah suhu biasanya bisa berubah derastis.
Perubahan musim sendiri bisa kita lihat dengan perubahan cuaca yang tidak menentu. Seperti hujan lebat dan petir yang hanya terjadi dalam waktu singkat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es. Di karenakan cuaca yang tidak menentu menyebabkan kelembaban udara yang signifikan sehingga menyebabkan munculnya banyak penyakit-penyakit.
Berbagai macam penyakit yang biasa di alami ketika peralihan musim ini seperti flu,demam berdarah, ispa, diare, dan chikungunya. Dikarenakan cuaca yang lembab membuat virus ini lebih mudah menyebar. Sehingga sering kita dengar jika suatu daerah mengalami sakit yang sama.
Perubahan musim di Indonesia seharusnya sudah bisa di tebak kapan akan terjadi. Sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri menghadapi penyakit peralihan musim ini. ditambah lagi perubahan musim ini terjadi di saat pandemi covid-19.
Dalam menghadapi peralihan musim ini dibutuhkan keadaan tubuh yang prima dan imun yang kuat. Virus dan bakteri akan kalah dengan pola hidup yang sehat, penyakit akan jauh karna olahraga yang rutin. Selain olahraga dan pola hidup sehat tubuh juga memerlukan asupan vitamin dan kesehatan mental.
Dimasa pandemi yang bersamaan dengan peralihan musim ini mebuat banyak orang ketakutan. Karna semua penyakit yang menyerang ketika peralihan musim memiliki banyak kesamaan dengan gejala dari virus corona. Maka dari itu di perlukan penjelasan lebih mendalam tentang hal ini supaya tidak ada lagi ketakutan dari masyarakat untuk memeriksakan diri ke dinas kesehatan atapun rumah sakit.

Helmi Syarah
Mahasisa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Bandung Jawa Barat
082384476954
helmisyarah41@gmail.com

Virus-free. www.avast.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023