Opini : Karantina Antisipasi Peningkatan Kasus Corona

Karantina adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona. Mengingat kita saat ini masih berdampingan dengan pandemi covid-19 maka berbagai protokol kesehatan masih wajib untuk dilakukan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak bepergian jauh dan berkerumun atau kontak fisik dengan orang lain, kalaupun harus bepergian jauh, maka konsekuensinya yaitu karantina. 

Adanya penurunan kasus covid-19 bukan berarti kita terbebas sepenuhnya dari pandemi covid-19 ini. Penurunan kasus covid-19 jangan sampai membuat penurunan protokol kesehatan juga. Upaya yang selama ini kita jalankan untuk menjalankan protokol kesehatan agar kita terbebas dari covid-19 ini mungkin sudah mencapai tahap akhir, tentu itu akan terjadi jika kita tetap menjalankan protokol kesehatan tersebut. 

Contohnya karantina atau isolasi diri. Salah satu cara untuk mengantisipasi peningkatan kasus covid-19 ini, yaitu dengan mematuhi aturan karantina. Tentu kita tidak bisa menyalahkan siapapun mengenai pandemi covid-19 ini. Jadi mau tidak mau kita harus menerima konsekuensinya untuk sadar diri agar kita tidak berpeluang menyebarkan virus corona ini. 

Setelah kita bepergian dengan jarak yang tidak dekat dan bertemu banyak orang bahkan melakukan kontak fisik, akan membuat kita berpotensi untuk terkena virus covid-19. Maka dari itu solusi terbaik untuk kita tidak berpotensi menularkan virus covid-19 ini kepada orang lain, yaitu dengan cara isolasi atau karantina.
 
Dengan mematuhi aturan karantina tersebut kita tidak hanya mengurangi risiko penularan covid-19, tetapi kita juga telah menyelamatkan orang lain dengan tidak menularkan virus corona itu. Kita juga bisa mengambil hikmah dari karantina tersebut yaitu, kita bisa mempunyai waktu untuk lebih fokus menjaga kesehatan tubuh kita dan jika benar terpapar virus corona, dengan karantina kita bisa lebih fokus dan mempunyai banyak waktu untuk menyembuhkan tubuh kita.

Selain itu, dengan karantina kita akan mempunyai banyak waktu untuk diri sendiri. Kita bisa menggunakannya dengan membuat kreatifitas dan mempunyai banyak waktu juga untuk beribadah kepada Sang Pencipta, karena dengan karantina kita mempunyai kesempatan untuk beristirahat sejenak dari kegiatan diluar rumah.

Dengan kita mematuhi aturan karantina, artinya kita telah membuktikan bahwa kita termasuk orang yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Karena dengan mematuhi karantina, kita maupun orang lain tidak akan rugi dan justru di untungkan karena semakin menurunnya kasus covid-19, semakin cepat kita terbebas dari covid-19 ini dan hidup normal kembali.

Novi Nurhikmah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023