Opini : Bencana Alam Sebagai Peringatan

Banjir, gempa hingga gunung meletus menjadi bencana yang tak asing bagi masyarakat Indonesia saat ini. Pada tahun 2021 ini, selain covid-19 yang mendampingi, bencana-bencana alam juga terjadi di Indonesia ini.

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Kita ketahui, bencana alam adalah peristiwa yang akan berdampak besar bagi kehidupan populasi makhluk hidup terutama manusia. Kerugian harta, benda hingga adanya korban jiwa pun dapat terjadi karena bencana alam yang melanda. 

Bencana banjir biasanya terjadi karena curah hujan yang tinggi diatas normal, sehingga sistem pengaliran air yang terdiri dari sungai dan anak sungai alamiah serta sistem saluran drainase dan kanal penampung banjir buatan tidak mampu menampung akumulasi air hujan tersebut meluap.

Namun, banjir juga bisa terjadi karena ulah manusia yang membuang sampah sembarangan atau melakukan penggundulan hutan. Sehingga debit air akibat hujan tidak mampu terserap oleh tanah.

Kita tidak bisa menyalahkan alam sepenuhnya atas bencana yang terjadi. Alam memang sudah tua, tetapi bencana alam terjadi juga bisa jadi dikarenakan sebagai peringatan bagi manusia. Artinya ada kesalahan dari manusia yang salah dalam mengelola dunia dan menjaga lingkungan. Tingkat kerusakan alam akan menyebabkan peluang bencana alam semakin besar.

Tugas kita saat ini adalah menujukkan rasa empati kita kepada para korban yang terdampak bencana, dengan membantu mereka melalui harta benda yang bisa kita beri kepada mereka yang membutuhkan dan saling mendo'akan agar kita semua senantiasa dilindungi oleh Yang Maha Kuasa dan lebih menjaga lingkungan kita dengan sebaik mungkin. Lebih menyayangi alam sekeliling kita dengan melestarikannya. 

Reporter : Novi Nurhikmah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023