x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Pentingnya Memahami Substansi

        Oleh: Muhammad Mufti Sulthanan                      Nasira

Sebagaimana yang terjadi belakangan ini, tepatnya di pertengahan bulan oktober memunculkan problematika baru di kalangan masyarakat indonesia atas keputusan UU yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat. UU Ciptaker atau Omnibuslaw ini disepakati bersama di dalam sidang DPR yang langsung dipimpin oleh Ketua DPR dan Wakilnya. 

Hasil Rancangan Undang-Undang Ciptaker ini menjadi sorotan publik khususnya masyarakat bawah yang mengganggap UU ini menguntungkan para investor dan merugikan para masyarakat. Oleh sebab itu, banyak dikalangan masyarakat yang berbondong-bondong melakukan demonstrasi. Mulai dari kalangan buruh, kalangan Mahasiswa hingga kalangan pelajar.

Namun, disamping masyarakat berbondong-bondong untuk demonstrasi tidak sedikit diantara mereka yang tidak memahami substansi daripada UU Ciptaker itu sendiri. Ketika ditanya draft UU Ciptaker pun masih banyak masyarakat yang tidak pernah membaca sama sekali. Bahkan, disalah satu wawancara televisi ada seorang anggota Baleg RI yang mengatakan bahwa draft Rancangan Undang-Undang Ciptaker belum dipublikasi kan kepada anggota Baleg itu sendiri, apalagi masyarakat mungkin hampir tidak mungkin mendapat draft UU Ciptaker itu.
Kebanyakan masyarakat mendapatkan substansi UU Ciptaker atau Omnibuslaw itu dari suatu berita di media sosial, bahkan dari penjelasan para pengamat politik yang videonya tersebar di media sosial. Hal ini bisa mengakibatkan konflik kedepannya jika masyarakat tidak memahami substansinya melalui data yang aktual dan jelas kebenarannya. Terlebih sangat berbahaya jika masyarakat sama sekali tidak mau memahami substansinya namun sangat giat mengikuti demonstrasi.

Perlu kita ketahui bahwa, memahami substansi suatu isu oleh pribadi sendiri adalah langkah awal agar tidak menerima berita yang masih diragukan, bahkan khawatir bisa menjadi hoaks yang kemudian terkesan masyarakat tergiring oleh opini seseorang yang belum tentu aktual dan faktual. Sehingga pada akhirnya apa yang terjadi dilapangan ketika demonstrasi banyak yang tidak mengetahui substansi sebetulnya daripada isu-isu yang muncul.

Apalagi, seorang pelajar yang seharusnya masih perlu banyak pengetahuan dalam memahami isu tidak sedikit dari mereka tergiring oleh opini seseorang yang menjadikannya ikut demonstrasi tanpa dipahami lebih dulu apa tujuan dan substansinya.
Maka dari itu memahami sebuah substansi dalam menghadapi suatu isu atau problematika itu sangatlah penting. Inilah yang perlu kita semua tanamkan terlebih dahulu di dalam diri, agar lebih memahami fakta yang terjadi seperti apa , jangan sampai justru kita termakan opini seseorang yang belum tentu bisa dipastikan kebenarannya. Dan itu berbahaya jika tersebar dengan cepat dan luas ke masyarakat yang lainnya sehingga bisa memunculkan konflik yang baru.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia