DKM Kifayatur Achyar Salat Jumat Tema Aqidatul Islam



 Dakwahpos.com, Bandung – DKM Kifayatur Achyar yang berlokasi di Jl. Raya Cipadung No.495, Cipadung, Kec. Cibiru. Masjid yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat 40614, RT/RW:0/0 mengelar Salat Jumat pada hari Jumat (17/11/2023). Pada Salat Jumat ini Khatib sekaligus imamnya dipimpin langsung oleh Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Agdengan tema Khutbah “Aqidatul Islam”.


“Manusia itu adalah hewan yang berbicara” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag. Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag menyampaikan bahwa manusia itu adalah makhluk sosial sehingga dapat diketahui bahwa manusia itu adalah ciptaan terbaik, ciptaan sempurna yang telah Allah ciptakan di muka bumi ini. “Dari berbagai macam ciptaan yang telah Allah ciptakan, manusia diberikan oleh Allah dua potensi yaitu potensi akal pikiran dan potensi hawa nafsu” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag

Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag menyampaikan bahwa manusia yang baik yang sering disebut sebagai makhluk yang sempurna adalah mereka yang mampu memanajemen bagaimana hawa nafsunya lebih rendah daripada akal pikirannya. Malaikat adalah makhluk yang Allah ciptakan dengan akal pikiran tetapi mereka tidak diberikan hawa nafsu oleh Allah seperti manusia. Hewan dan binatang adalah makhluk yang ciptakan oleh Allah dengan hawa nafsu dan mereka tidak diberikan oleh Allah akal pikiran melainkan mereka diberikan insting.

“Ketika kita manusia disebutkan sebagai penciptaan Allah yang paling sempurna tentu bagi kita yang beragama Islam  dan beriman kepada Allah Swt. tentunya dalam hati sanubari kita harus tertanam tiga unsur atau tiga aspek kesempurnaan” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag. Tiga unsur atau tiga aspek kesempurnaan yaitu: Aspek Iman, aspek Islam, dan aspek Ihsan sehingga jika ketiga aspek tersebut sudah baik dalam hati manusia yang beriman kepada Allah maka ketiga aspek tersebut akan menjadi satu-kesatuan yang sering disebut Aqidatul Islam.

Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag menyampaikan tentang makna Keimanan yang disebutkan oleh para ulama bahwa Keimanan adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah Swt. merupakan Tuhan yang berhak untuk disembah dalam segala peribadatan manusia yang beriman kepada-Nya. Beliau juga menyampaikan bahwa Keimanan ialah mengikrarkan dengan lisan atau mulut bahwa agama para jemaah adalah adalah Islam.

“Unsur kedua dalam kesempurnaan manusia yang beriman adalah unsur Islam” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag. Islam dalam definisi bahasa adalah tunduk dan patuh kepada Allah Swt. dan secara istilah Islam adalah takwa, yaitu menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Agmenyampaikan bahwa tugas umat Islam adalah tunduk dan patuh kepada berbagai perintah Allah, dalam berbagai menjalankan ibadah-ibadah kepada Allah, baik ibadah yang khusus maupun ibadah yang secara umum dilakukan selama 24 jam.

“Unsur kesempurnaan manusia yang terakhir terdapat dalam Ihsan” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag. Ihsan itu erat kaitannya dengan ibadah. “Kita beribadah seakan-akan kita melihat Allah Swt, tetapi jika kita tidak melihat Allah maka yakinkan dalam diri kita bersama bahwa Allah Swt melihat berbagai macam ibadah yang telah kita lakukan” kata Ustaz Dedi Sopandi.Spd.I.M.Ag.

Reporter: Rajulun Azmi, KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023