Khutbah Jum’at Masjid Fathul Khoir Pasir Biru : Pentingnya Mengelola Akal Guna Menjadi Manusia Yang Sempurna

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Fathul Khoir di Jl. Babakan sari des. Pasir Biru gelar salat Jumat bertema pentingnya mengelola akal pada Jumat (20/10/23) yang dihadiri oleh puluhan jamaah.

Pada khutbah Jumat ini diisi oleh bapak Rahmat selaku ketua DKM Masjid Fathul Khoir. Beliau membahas tentang Allah Swt. Menciptakan manusia dengan wujud yang sempurna dan keharusan kita untuk menggunakan potensi akal dengan baik agar menjadi manusia yang sebaik-baiknya.
"Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat At-tin ayat 4 yang menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya". Ujar pa Rahmat

Setelah itu pa Rahmat juga menerangkan tentang makhluk Allah di muka bumi ini terbagi atas 4 kategori menurut  Al-Ghazali.

"Menurut Imam Al-Ghazali Makhluk Allah terbagi kepada 4 kategori, pertama makhluk Allah yang hanya diberikan akal saja yaitu malaikat, kedua makhluk Allah yang dikaruniai nafsu saja yaitu hewan, ketiga makhluk Allah yang tidak dikaruniai akal maupun nafsu itu adalah seperti pohon, batu sebagainya, serta keempat makhluk Allah yang dikaruniai akal dan nafsu itu adalah manusia". Ujar pa Rahmat

Pa Rahmat juga mengajak jamaah untuk bisa mengolah akal dengan sebaik-baiknya agar kita dapat menjadi manusia yang sempurna.

"Jamaah yang mengharap rida Allah Swt. Kita sebagai manusia kita harus bisa mengolah akal kita dengan baik serta harus bisa menggunakan akal kita untuk mengendalikan nafsu supaya kita bisa menjadi manusia yang sebaik-baiknya, manusia seperti yang disebut oleh Allah Swt. Dalam Al-Qur'an surat Al-Bayyinah ayat 7 khoirul Bariyyah, dan sebaliknya jika nafsu kita yang mengendalikan akal maka kita akan menjadi manusia yang seburuk-buruk manusia seperti yang di sebut juga oleh Allah Swt. Dalam Al-Qur'an surat Al-Bayyinah ayat 6 Syarrul Bariyyah,". Ujar pa Rahmat.

Di akhir khutbah pa Rahmat mengajak jamaah untuk dapat mengelola akal yang sudah dianugerahkan oleh Allah Swt. Dengan baik dan juga kita harus bisa menggunakan akal kita untuk memerangi hawa nafsu dalam menjalani kehidupan di dunia ini agar kita menjadi manusia yang sebaik-baiknya manusia.

Reporter: Ghiffar Mardiansyah KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023