Manfaat Karantina

Salah satu protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 adalah harusnya melakukan karantina untuk orang-orang yang telah melakukan perjalanan jauh seperti perjalanan antar negara atau antar kota. Hal ini dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona yang sangat massif dan cepat menyebar ke berbagai wilayah dengan perantara kontak antar  sesama manusia.

Dalam dunia kesehatan masa pandemi sekarang, orang yang sudah melakukan perjalanan jauh sudah termasuk ke dalam kategori ODP (orang dalam pemantauan). Hal inilah yang orang orang alami Ketika melakukan perjelanan yang jauh dan mereka biasa langsung di karantina di suatu rumah ataupun tempat yang sudah di sediakan satgas covid 19

Apa Itu karantina ? Karantina adalah suastu sistem yang melarang melakukan perpindahan orang dan barang selama waktu tertentu untuk mencegah penularan penyakit. Sistem karantina lebih di kenal dengan nama pengasingan terhadap seseorang atau suatu benda yang akan memasuki suatu negara atau wilayah. Dalam masa pengasingan, biasanya seseorang ataupun barang akan di simpan di suatu tempat yang jauh dari jangkauan orang lain.

Masa karantina selesai apabila pemeriksaan yang pasti telah diperoleh. Istilah karantina juga sering disamakan dengan isolasi medis, yaitu pemisahan suatu individu yang menderita penyakit menular dengan orang orang yang masih sehat

istilah karantina berasal dari quarantena, yang artinya "empat puluh hari", yang digunakan dalam bahasa Venesia abad ke-14 dan ke-15 yang merujuk pada periode yang dipersyaratkan bagi semua kapal untuk diisolasi sebelum penumpang dan kru dapat berlabuh di pantai selama epidemi Maut Hitam.

Ada sebuah qaidah hukum yang mengatakan bahwa "tasharruf al Imam 'ala al ra'iyyah manuuthun bil maslahah" (kebijakan seorang pemimpin bagi rakyatnya berorientasi untuk kemaslahatan). Demikian juga dengan prosedur karantina, ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari hal tersebut di antaranya:

Pertama,kesehatan. Karantina dilakukan dalam rangka menjaga/mencegah penyebaran penyakit antar manusia. Dalam khazanah karya para ulama klasik tentang Fiqh, hampir seluruh pembahasan awal karya para ulama diawali dengan bab Thaharah yaitu bersuci. Ini artinya, ajaran Islam sangat memprioritaskan aspek kesehatan dalam segala hal termasuk dengan konsep karantina ini. Melalui proses karantina ini, tiap orang dijaga pola makannya, olah raganya, di cek Kesehatan nya dan sebagainya

Kedua,Ibadah. Pada masa karantina, orang yang melakukan karantina cenderung lebih memiliki tingkat spiritual yang tinggi. Melakukan ibadah kepada allah swt setiap saat dengan khusyu dan kepasrahan.

Ketiga, produktivitas.keuntungan bagi orang yang menjalani masa karantina adalah bisa meningkatkan produktivitas untuk perbaikan Sumber Daya Manusia. Semua potensi diri bisa kembali diasah dan dilatih, mulai dari menghafal alquran dan membaca buku. Gambaran serupa mungkin seperti sebagian para tokoh-tokoh duni yang bisa menghasilkan karya berupa buku-buku sampai berjilid-jilid ketika mereka sedang dalam masa tahanan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023