Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersyukur Kepada Nikmat Allah SWT

Senin, 01 November 2021 | November 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T17:08:49Z

Dakwahpos.com-Bandumg,Masjid Baitul Ma'mur Bandung, Pada hari jum'at tanggal (29/10/2021) Khotib membawakan ceramah yang bertentang " Bersyukur pada Nikmat Allah" Yang dimana kita harus selalu bersyukur kepada nikmat Allah SWT.
Allah berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7 yang berbunyi :
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَد
Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'"
bisa menjadi kunci kebaahagiaan. Bersyukur memang dapat membuat sesorang hidup dengan lebih tenang dan nyaman. Mensyukuri apa yang kamu miliki membuat kamu merasa cukup dan tidak cemas memikirkan apa yang akan datang ataupun yang akan hilang. Kamu tentunya harus bersyukur dengan segala nikmat yang telah diberikan Tuhan. Bersyukur dengan segala yang sudah didapatkan dapat membuat hidup menjadi lebih tenang dan nyaman. Kata bijak bersyukur akan mendorongmu untuk selalu menikmati kehidupan. Saat kamu sedang berbahagia, kamu harus bersyukur dengan nikmat tersebut. Sementara itu, jika kamu sedang bersedih, kamu harus bersabar dan percaya bahwa akan ada hal baik yang menanti.
Dalam hidup kita kerap mengeluh dan jarang bersyukur. Misalnya saat hujan kita mengeluh menjadi tidak bisa melakukan sesuatu. Saat hujan kita menginginkan matahari bersinar cerah. Namun saat matahari muncul kita mengeluh gerah dan ingin turun hujan. Begitulah manusia. Seolah anugerah Allah tidak bermanfaaat. Kita berpikir bisa mengatur semua. Kita tidak berpikir bahwa kesenangan yang diberikan Allah juga merupakan ujian. Loh kok bisa?Kesenangan dan kesusahan, kegembiraan, dan kesedihan pada hakikatnya adalah ujian bagi orang yang beriman. Bila diberi kesenangan bukan berarti Allah sedang sayang kita.Sebaliknya,saat kesusahan bukan berarti Allah murka kepada kita.
Sudah menjadi kewajiban bagi manusia untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Syukur adalah bentuk terima kasih atas segala pemberian dan nikmat yang diperoleh manusia selama menjalani kehidupan di dunia. Di dalam Islam, bersyukur dapat dilakukan melalui perbuatan, lisan, termasuk hanya di dalam hati. Dengan memperbanyak bersyukur, kenikmatan dan pahala yang diperoleh seseorang akan berlipat ganda.
Namun, keinginan manusia yang tak ada habisnya terkadang membuatnya lupa bersyukur. Salah satu manfaat yang didapat seseorang jika rajin bersyukur adalah membuat hidup menjadi lebih berkah. Dengan bersyukur, orang tersebut merasa tercukupi berapa pun rezeki yang didapat.
Bersyukur dengan segala yang sudah didapatkan dapat membuat hidup menjadi lebih tenang dan nyaman. Sementara itu, jika kamu sedang bersedih, kamu harus bersabar dan percaya bahwa akan ada hal baik yang menanti. Kita berpikir bisa mengatur semua. Kita tidak berpikir bahwa kesenangan yang diberikan Allah juga merupakan ujian. Syukur adalah bentuk terima kasih atas segala pemberian dan nikmat yang diperoleh manusia selama menjalani kehidupan di dunia. Dengan memperbanyak bersyukur, kenikmatan dan pahala yang diperoleh seseorang akan berlipat ganda. Namun, keinginan manusia yang tak ada habisnya terkadang membuatnya lupa bersyukur. Dengan bersyukur, orang tersebut merasa tercukupi berapa pun rezeki yang didapat.
Reporter : Fahmi Firmansyah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update