x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Merusutnya Sumber Kehidupan

oleh : Siti Patma Deli

Setiap musim kemarau telah tiba,masyarakat mulai mengalami kesulitan dalam mencari air bersih untuk melangsungkan hidup,dan apabila kekeringan tersebut telah mengganggu tatanan kehidupan maka kemungkinan musim kemarau tersebut tergolong bencana. kekeringan tersebut sudah menjadi penyakit tahunan yang sudah lumrah.
Dari bencana kemarau tersebut pihak yang paling menderita adalah makhluk hidup.khususnya manusia termasuk para petani yang  mendapat banyak kerugian bagi masyarakat terhadap kebutuhan sumber daya air. Ketersediaan air yang tidak mencukupi adalah dampak terbesar yang harus dirasakan para petani dalam bertani.yang akan mengalami kekeringan lahan yang berakibatkan gagal panen dan akan memunculkan masalah kekurangan ketersediaan pangan.
Kemarau terjadi karena ada beberapa hal yang melatarbelakangi yaitu, minimnya daerah peresapan air karena sedikitnya pohon,dalam bagian pohon terdapat bagian yang sangat berpengaruh kuat dalam proses mengatasi permasalahan kemarau yaitu akar pohon pada saat musim hujan akar tesebut akan menyimpan air dan pada saat mengalami musim kemarau kita dapat memanfaatkan air tersebut.pengguna air yang berlebihan, bukankah ada anjuran agama untuk menggunakan sesuatu sewajarnya saja dan tidak berlebih- lebihan? Hal ini nampaknya sulit untuk dilakukan beberapa orang tanpa memikirkan kebutuhan untuk kedepan.

Dengan demikian hal dapat kita lakukan dalam penanggulangan hal tersebut baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dimulai dari diri sendiri bahwa memelihara lingkungan disekitar sangat dibutuhkan baik dengan menciptakan lingkungan yang asri.selain memulai dari diri sendiri kita juga dapat melakukan beberapa hal demi  mewujudkan lingkungan yang tidak kekurangan air dalam melengkapi kebutuhan.yaitu, Menanam banyak pohon salah satu cara untuk dapat menanggulangi kekeringan adalah banyak menanam pepohonan. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu fungsi pohon adalah mnyerap dan kemudian menyimpan air di dalam akarnya.mengguanakn air secukupnya tanpa berlebihan . kemudian hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi kekurangan air ketika terjadi musim kemarau dilihat dari tindakan pemerintah kita dapat melihat bahwa pemerintah telah membangun "PAMSIMAS" yang memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih.

Siti Patma Deli,Mahasiswa UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project