x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Niat yang Lurus


Oleh: Asriyatus Syaniah

Seorang pemimpin hendaknya menjadi panutan bagi para bawahan atau masyarakatnya. Maka segala hal perbuatan seorang peminpin harus senantiasa diperhatikan. Karena seluruh tanggung jawabnya harus dipertanggung jawabkan ketika masa jabatannya berakhir dalam LPJ (Laporan pertanggung jawaban), bahkan pertanggung jawab di akhirat pula.

Namun realita hari ini sudah banyak para kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Sehingga integritas kepemimpinan di Indonesia dari waktu ke waktu semakin menurun. Sehingga hal ini meresahkan kehidupan masyarakat dan negara. Padahal telah berbagai cara dan berbagai pihak telah berupaya untuk meminimalisir terjadinya kasusu korupsi.

Dalam ajaran Islam telah memberikan berbagai solusi terbaik dalam upaya pencegahan tindak korupsi. Dalam Islam, tindak korupsi merupakan salah satu bentuk dari kemungkaran yang harus segera dihentikan. Jika tidak dihentikan, tindak korupsi akan merusak tatanan kehidupan, bahkan dapat menghancurkan bangsa berkeping-keping.

Salah satu diantara banyaknya upaya mencegah korupsi yakni, hendaklah seorang pemimpin memiliki niat yang lurus dan tulus untuk senantiasa mensejahterakan lingkungan dan masyarakatnya. Serta visi dan misi yang pasti untuk digapai. Dengan seperti itu seorang pemimpin akan tetap konsisten dalam menggapai tujuannya dengan cara-cara yang tidak menyimpang, baik secara moral maupun agama.

Untuk karenya harus lebih banyak lagi changer kerohanian kepada masarakat Indonesia. Agar kesadaran masyarakat akan hal-hal yang menyimpang itu semakin meningkat. Hal ini dapat ditanamkan dari sejak usia dini di lingkungan keluarga, serta dikembangkan dalam berbagai aktifitas bagiberbagai lapisan usia. Sehingga kerja sama semua pihak mulai dari kelurga hingga pemerintahan sangat lah diperlukan dalam upaya pencegahan korupsi ini

Asriyatus Syaniah, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Tulisan ini pernah dimuat di Republika pada tanggal 5 Oktober 2017

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project