x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Inovasi Tanpa Plagiasi

Oleh: Muhamad Maulana Yusuf


Plagiasi atau plagiat adalah kegiatan seseorang yang meniru bahkan mengakui karya orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, bahkan di dalam civitas  pendidikan terutama di kalangan mahasiswa.

Tentu saja ini merupakan kegiatan dan pola pikir mahasiswa yang salah. Hanya karena ingin melakukan sesuatu yang luar biasa, tetapi terbatas oleh kemampuan atau hal lain. Akibatnya, tidak ada pencapaian yang bisa dirasakan oleh mahasiswa dalam kegiatan perkuliahannya. Karena mereka terlalu takut akan hasil yang didapat apabila mereka mengerjakan tugas atas dasar pemikirannya sendiri, maka jalan yang diambil adalah meniru karya dan hasil pemikiran orang lain.

Menurut saya, menghasilkan suatu karya yang original tentunya akan membawa diri kita bergerilya dengan pikiran secara bebas yang nantinya akan menjadi kebiasaan baik dalam meningkatkan kualitas diri. Dengan begitu, rasa takut terhadap hasil yang buruk akan berganti kepada rasa puas karena hasil yang didapatkan sesuai dengan kualitas yang kita miliki. Sikap seperti itulah yang biasa saya lakukan agar tidak terus bergantung pada kebiasaan plagiat.

Kita boleh berekspektasi mendapatkan hasil yang bagus. Namun, tidak didapat dengan cara meniru karya seseorang. Cobalah untuk percaya pada diri sendiri sehingga ekspektasi kita akan mengiringi sejauh mana kita berusaha untuk berinovasi tanpa plagiasi. 

Penulis, Muhamad Maulana Yusuf, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio