Covid Belum Berakhir, Pancaroba Mengalir


 

Virus corona merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculannya di akhir tahun 2019 pertama kali di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya pertama kali ini, membuat corona virus juga dikenal dengan sebutan Wuhan virus.

            Berbarengan dengan pancaroba atau musim peralihan , kita harus ekstra waspada akan penyakit pancaroba sejakigus si penyakit menular covid. Karena gejala covid-19 sangatlah mirip dengan gejala penyakit pancaroba. Diantara gejala penyakit yang belum tentu menular ialah flu, pilek dan demam berdarah.

            Menghadapi hal ini masyarakat diharapkan masyarakat yang mengalami gejala mirip virus corona segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat. Apabila tidak dilakukan upaya cepat tanggap tersebut maka dikhawatirkan lonjakan orang yang terpapar virus corona semakin membesar.

            Hal-hal kecil yang perlu dilakukan guna mencegah penyakit pancaroba serta virus corona adalah dengan menjaga imunitas tubuh, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan teratur. Bila perlu konsumsilah multivitamin tambahan seperti madu dan buah-buah-buahan yang mengandung vitamin tinggi.

            Selain hal-hal diatas, masyarakat juga dihimbau untuk tidak syok terhadap informasi yang ada di sosial media tentang paparan covid-19. Bila bepergian diharapkan selalu memakai masker dan menjaga jarak terlebih pada kerumunan yang mobilitasnya tinggi.


Ahmad Rifa'i

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023