Bencana Bukan Soal Duka, Tetapi Tentang Saling Menguatkan

Bencana merupakan serangkaian peristiwa atau kejadian yang dapat mengganggu dan mengancam kehidupan manusia dan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Banyak sekali kerugian yang didapat ketika suatu daerah terkena bencana, karena itu bencana bukanlah hal yang diinginkan oleh semua orang.

Di Indonesia ini seringkali banyak bencana melanda diantara bencana tersebut adalah bencana alam tsunami, banjir, longsor, gunung meletus dan lain-lain. Tentunya banyak kerugian daerah yang terkena bencana tersebut, banyak orang berduka karena kehilangan keluarga, orang yang mereka cintai dan juga tempat tinggal. Orang-orang terpaksa mengungsi karena banyak yang kehilangan tempat tinggal ataupun untuk menghindari bencana.  Hal ini tentunya menjadi duka tersendiri bagi orang yang terkena bencana ataupun orang lain yang tidak terkena bencana.

Jika suatu bencana terjadi pada daerah orang lain, baik itu bencana banjir, tsunami, ataupun yang lain, kita hendaknya sebagai sesama manusia harus memberi pertolongan, baik pertolongan turun langsung ke tempat kejadian ataupun bisa dengan mengirim pertolongan dengan mendonasi kepada orang yang terkena bencana. Karena sekecil apapun bantuan dari kita akan sangat berarti bagi mereka, seperti mendonasikan makanan kepada yang terdampak bencana itu merupakan perbuatan yang sangat terpuji sebagai sesama manusia. 

Akhir-akhir ini terjadi bencana di Negara kita ini di Indonesia yaitu bencana gunung meletus di Gunung Semeru, Jawa Timur. Banyak sekali korban jiwa dalam peristiwa tersebut, banyak sekali orang yang kehilangan tempat tinggal sehingga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Bisa dibayangkan betapa sedihnya akan hal tersebut, namun dalam hidup ini kita tidak tahu kapan dan dimana bencana akan terjadi. Kitapun tidak boleh terus luput dalam kesedihan karena orang diluar sana akan senantiasa memberikan kita pertolongan, banyak sekali orang yang membantu, banyak orang yang berdonasi kepada masyarakat yang terkena bencana.

Dalam hidup bencana bukanlah suatu yang kita inginkan, namun jika sebuah bencana terjadi pada suatu daerah, kita harus bisa saling menguatkan, saling tolong menolong. Betapa indahnya hidup jika dipenuhi dengan saling tolong menolong, saling menguatkan antar sesama manusia. Ini menandakan saling menguatkan, memberi pertolongan itu sangatlah penting. Maka dari itu sebuah bencana bukanlah soal duka, melainkan tentang bagaimana kita saling menguatkan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023