Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Caper ke Allah

Senin, 01 November 2021 | November 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T23:17:53Z

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid At-Taqwa, Kabupaten Tangerang mengadakan kajian offline dengan menerapkan protokol kesehatan pada hari (Ahad/31/10/2021). Yang mengisi kajian saat itu adalah Ustadz Hannan, Ustadz Mannan, dan Ustadz Ihsan. Kajian kali ini berjudul "Caper ke Allah".

Isi dari ceramah tersebut menjelaskan bahwa kita sebagai hamba Allah jangan selalu menggantungkan harapan apapun kepada manusia. Karena bisa jadi kita akan menyesal jika harapan tersebut tidak terwujud. Manusia pun tempatnya lupa dan salah. Jadi, jika kita telah menaruh harapan lebih kepada manusia, kita harus siap menerima konsekuensinya. Yang perlu kita gantungkan harapan hanyalah kepada Allah SWT. Karena hanya kepada Allah sebaik-baik tempat menggantungkan harapan dan rencana Allah tidak akan membuat kita kecewa.

Jika kita bergantung kepada pekerjaan, maka kita akan merasakan stress dengan pekerjaan tersebut. Jika kita bergantung kepada orang, maka Allah akan timbulkan masalah. Demikian Allah melakukan itu karena Allah sangat cemburu kepada hambaNya. Padahal Allah lah Yang Menciptakan kita, mengapa kita hanya berharap kepada sesama makhlukNya?

"Orang yang suka bersandar kepada manusia,misalnya kalau gak ada dia nih gue gak bisa makan. Kalo gue putus sama dia nih gue bisa mati". ujar Ustadz Hannan.

Cara-cara untuk mencari perhatian atau "caper" kepada Allah diantaranya adalah memperbaiki ibadah terlebih dahulu. Minimal yang dapat kita lakukan adalah rutin mengerjakan sholat lima waktu dan tidak boleh telat, membaca Al-Qur'an dan menghafalkannya meskipun sedikit, memberi sedekah meskipun kita bukan orang kaya, dan juga bersholawat meskipun hanya mengucapkan "Allahumma sholli'ala Muhammad".

Begitupun hati yang tulus menjadi salah satu cara kita perhatian kepada Allah. Apapun yang kita kerjakan semata-mata hanya untuk Allah. Selanjutnya kita harus taubat terus menerus. Jika kita melakukan kesalahan hari ini, maka kita harus bertaubat hari itu pula.
"Kalau kita ngelakuin kesalahan hari ini, nah kita juga harus tobat hari ini juga. Ibaratnya kita haus sekarang dan minum airnya pun harus sekarang juga." ujar Ustadz Mannan.

Apapun rencana atau tujuan kita, niatkan semata-mata hanya untuk Allah agar Allah senantiasa menolong dan melindungi kita. Dan yang terakhir yaitu ikhtiar yang terus menerus. Kita harus yakin dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan amal kebaikan apapun serta berdoa kepada Allah dengan tulus dan hati yang ikhlas agar Allah segera mengabulkan permintaan kita melalui cara-cara caper kepada Allah.

Reporter : Alifia Nabila
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update