Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Allah Maha Bijaksana

Kamis, 28 Oktober 2021 | Oktober 28, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-28T10:07:06Z

Dakwahpos.com,Bandung- 23 Juni 2021 Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali melaksanakan kegiatan rutin, yakni KAKIKU ( Kajian Kitab Kuning). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan diisi oleh Prof. Dr. H. Rosihon Anwar M.Ag dengan mengangkat tema "Allah Maha Bijaksana"
Prof. Dr. H. Rosihon Anwar M.Ag mengungkapkan dalam ceramahnya menurut tafsir Al Muyassar Allah SWT tidak mungkin memilih seorang Adam untuk dijadikan sebagai khalifah tanpa alasan yang jelas.
"Dalam qur'an surat Al baqarah ayat 32 ini dijelaskan bahwa Allah itu memiliki ilmu yang luas maka dengan pengetahuan itu Allah punya sifat Maha Bijaksana, maka ketika Allah memilih adam menjadi khalifah bukan malaikat itu karena berdasarkan sifat nya yang bijak." Ujarnya.
Prof. Dr. H. Rosihon juga menuturkan bahwa sifat Allah itu banyak diantara yang paling mulia itu adalah sifat alim dan hakim.
"Sifat Allah itu ada banyak diantara 99 asmaul husna sifat yang paling mulia itu adalah sifat alim dan hakim, sifat Maha Mulia dan Bijaksana" ungkapnya lebih lanjut.
Prof. Dr. H. Rosihon Anwar juga menjelaskan bahwa sifat alim dan Hakim harus ada pada diri seorang imam atau pemimpin dalam agama.  
"Barangsiapa yang tidak memiliki dua sifat ini atau dia tidak memiliki salah satunya maka dia tidak cakap untuk menjadi seorang pemimpin dalam agama karena seorang imam itu akan mengeluarkan kebijakan-kebijakan sehingga kedua sifat ini wajib dimiliki oleh seorang pemimpin." Pungkasnya.

Reporter : Anggi Anggraeni
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update