x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Ustadz Ahmad Gunawan : Amar Ma'ruf Nahi Mungkar Miisi Utama Ajaran Islam


Dakwahpos.com, Bandung- Sebagai seorang Muslim harus memiliki dua hal, yakni_ghiroh_(Semangat) dan idealisme. Kedua hal ini harus dimiliki oleh seorang Muslim. Ketika seorang Muslim memiliki semangat dan idealisme terhadap ajarannya, yaitu Islam, maka ia akan mengajak manusia ke jalan Allah Swt. Memang harus seperti itu, seseorang yang memiliki keimanan meskipun ia dalam keadaan lesu dan furur, tetap ia memiliki kewajiban untuk mengajak manusia ke jalan Allah Swt. Mengajak ke jalan Allah Swt dengan melakukan amar ma'ruf nahi mungkar.

"Ada yang harus dimiliki oleh kaum muslimin sebelum melakukakan amar ma'ruf nahi mungkar agar kaum muslimin memiliki kekuatan, agar kekuatan itu ada pada kaum muslimin maka harus dipersiapkan, seperti :  Aqidah (Aqidah yang kuat merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang Muslim), Ilmu (Sebelum melakukan amar ma'ruf nahi mungkar kita harus mempersiapkan ilmunya, dalil, hujjah yang kuat agar proses dakwah bisa tersampaikan dengan lengkap, dalil beserta argumentasi yang jelas), Jasmani (Setelah ruhoyahnya bagus, Sebagai seorang da'i tentunya harus memiliki kesehatan yang baik dan fisik yang kuat sebelum melakukan amar ma'ruf nahi mungkar, karena apabila jasmani sudah kuat dan bagus maka proses dakwah akan mempengaruhi pula), berjamaah (Aktivitas dakwah akan efektif dan memiliki kekuatan yang baik manakala melakukan amar ma'ruf dengan bersama-sama atau berjamaah)." Ujar Ustadz Ahmad Gunawan. Jumat (28/10/17).

Meskipun seorang da'i memiliki ruh yang bagus dan jasmani yang kuat jika aktivitas amar ma'rufnya sendirian maka akan memiliki sedikit kekuatan. Oleh karena itu, berdakwah harus dilakukan dengan berjamaah agar umat Islam memiliki kekuatan yang bagus ketika melakukan amar ma'ruf nahi mungkar, dan tentunya mendekatkan umat senantiasa beribadah kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan).

"Apabila seseorang tidak memiliki _ghiroh_untuk melakukan amar ma'ruf nahi mungkar berati ada yang salah dalam dirinya dan juga ia tidak mengimani tuntunan Al-Qur'an." Tutur Ustadz Ahmad Gunawan. Jumat (28/10/17).

Reporter : Fahmi Mujahid Abdul Aziz, KPI 3 B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project