x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Membiasakan Diri Membuang Sampah

Oleh: Fitriani Rahmawati

Jaman semakin berkembang saja,dan semakin berkambangnya jaman.modern sekarang ini. Para makhluk hidup susah untuk mempunyai kesadaran mereka dalam membuang sampah pada tempatnya. Tidak banyak yang tahu  terkadang orang-orang yang berpendidikan atas dan mempunyai jabatan juga sikap disiplin,bisa saja mereka membuang sampah sembarangan. 

 Mungkin membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang paling sederhana dilakukan,tetapi pada kenyataannya. Hal kebiasaan seperti itu bila tidak dibiasakan sejak dini dan disiplin untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih itu sangat minim dijalani oleh orang-orang jaman sekarang.

Sekarang ini sampah ada dimana-dimna,adapun orang yang selalu membuang sampah pada tempatnya,akan tetapi yang lainnya masih akan susah membuang sampah pada tempatnya. Bukan malah berkurang,yang ada malah menambah sampah terus menerus menumpuk dimana-dimana. Saat ini sampah bukan hanya disungai saja akan tetapi ada dimana-dimana. Seperti ada di jalan raya,kamar mandi umum dll. 

Setidaknya kita sebagai makhluk hidup harus mempunyai kesadaran untuk bisa menjaga kebersihan disekitar,apalagi dijalan raya yang tiap harinya selalu ada pengendara yang sibuk dengan urusan masing-masing. Seharusnya kita sebagai penghuni disitu bisa menjaga kebersihan sekitar dengan warga sekita. Dengan cara setiap minggu mengadakan kegiatan gotong royong untuk terus menerus membuang sampah yang Seharusnya dibuang pada tempatnya.

Tetapi semakin berkembangnya jaman pun,semakin malasnya orang-orang untuk membuang sampah,mereka tidak peduli pada lingkungan sekitar. Yang seharusnya dijaga kebersihannya,akan tetapi ini malah individualisme. Mereka tidak tahu akan fatalnya membuang sampah sembarangan,bisa menyebabkan banjir bandang,atau pun bila ada sungai. Sungai itu bisa meluap diakibatkan sampah yang terlalu menumpuk.

 Seharusnya kita sebagai warga indonesia harus malu dengan negara lainnya yang telah maju,mereka pun bisa menjaga kebersihannya dengan kerjasama dengan warganya,tetapi mengapa kita susah sekali untuk membiasakan diri dengan hal sepele ini saja. Ada hal pepatah berkata"sekolah berapa tahun? Tetapi mengapa membuang sampah pada tempatnya pun susah sekali"

Dari sekarang kita harus mengambil sikap untuk bisa membuat perubahan agar orang-orang disekitar bisa menjaga kelestarian tumbuhan dan menjaga kebersihan sekitar. Dengan cara bila ada yang membuang sampah sembarangan mereka harus didenda,agar mereka bisa jera dengan apa yang dilakukan oleh mereka.

Hidup dengan sehat juga teratur,tetapi bila mana mempunyai kebiasaan membuang sampah.sembarangan. Itu semua tidak lengkap,jangan hanya bisa terlihat dari luar saja,tetapi setidaknya bisa menyeimbangi dengan kebiasaan yang sepele,tetapi itu sangat berharga. 

Penulis, Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati
                       

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio