x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Kesadaran Diri Lebih Utama

oleh: Fitria Nazilatullail

Membuang sampah sembarangan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak masih usia dini. Bagaimana tidak? Tanpa disadari, banyak sekali orang tua yang tidak menyadari bahwa mereka telah menanamkan perilaku yang salah terhadap anak-anaknya. Mereka begitu mudah membuang sampah ke dalam sungai atau bahkan ke halaman depan rumah yang dianggap sebagai hal yang lumrah. Mereka tidak mengingat konsekuensi apa yang akan mereka hadapi setelah mereka melakukan suatu hal yang salah dan dianggap sudah biasa.

Pada zaman sekarang banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari bahwa ketika mereka membuang sampah ke sungai mereka telah melakukan suatu tindakan yang salah dan dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Ketika tindakan seperti itu sudah mendarah daging di dalam kehidupan masyarakat, maka harus ada yang dapat menyadarinya. Pemerintah sempat memberikan peringatan dalam bentuk peraturan tertulis kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi atau bahkan denda sampai berjuta-juta rupiah. Tetapi, tetap saja masyarakat dapat membuang sampah sembarangan tanpa ada orang lain yang melihat. Sehingga sanksi dan denda yang dituliskan tidak berjalan dengan efektif. Hal seperti ini tidak dapat membuat masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan.

Tidak hanya itu, sekarang hampir di setiap gedung atau bahkan di setiap trotoar sudah disediakan tempat sampah organik dan non-organik agar setiap orang mudah untuk membuang sampah dengan menggunakan fasilitas yang ada. Tetapi tetap saja masih banyak sebagian orang yang membuang sampah bukan pada tempatnya. 

Dalam hal ini, tidak ada yang bisa disalahkan kecuali kesadaran dalam diri pribadi seseorang. Meski sudah berbagai cara dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Tetap kesadaran dalam diri pribadi manusia lebih utama dari segalanya. 

Kesadaran pada setiap diri manusia yang harus ditanamkan sejak dini untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Ketika setiap manusia berkeinginan untuk hidup sehat dan bersih maka tanpa adanya peraturan mereka tetap dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih. Masyarakat juga harus dapat menyadari betapa banyak manfaat yang akan didapatkan ketika membuang sampah pada tempatnya. Selain lingkungan terlihat lebih indah, kita juga dapat merasakan  kenyamanan di dalam kehidupan.
Mahasiswi Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project