x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Sampah Mendatangkan Masalah yang Negatif

oleh : Siti Patma Deli

Kata sampah mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sampah merupakan masalah terbesar yang sampai sekarang belum menemukan cara yang efektif untuk menanggulanginya. Di sungai, di jalan, bahkan di rumah kitapun masih menemukan yang namanya "sampah".

Seiiring bertambahnya usia negara Indonesia begitu pula dengan perkembangan  jumlah penduduk di Indonesia. Hal tersebut meningkatkan pola konsumsi masyarakat yang mengakibatkan meningkatnya volume sampah. 

Dikalangan masyarakat masalah sampah dianggap sepele. Hal tersebut mendatangkan bahaya bagi kesehatan yaitu diare, kolera, tifus bahkan DBD. Bahkan sampah juga merusak lingkungan yang menimbulkan banjir yang diakibatkan dari buang sampah sembarangan ke sungai atau aliran yang lainnya. Lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat aliran air tersebut.

Namun, pemerintah melakukan hal untuk mengurangi masalah sampah tersebut diantaranya menambah fasilitas unit pengolahan limbah, bahkan menetapkan program 3R, yaitu Reduce (mengurangi sampah), Rause (menggunakan kembali bahan smpah ) dan Recyle (daur ulang sampah). Oleh karena itu selain dari kebijakan pemerintah yang mampu mengurangi permasalahan tersebut dimulai dari kesadaran pada setiap orang dengan tidak membuang sampah dengan sembarang.

Siti Patma Deli, Mahasiswa UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project