x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Kesiapsiagaan Bencana

oleh : Siti Patma Deli

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia berada di kawasan Ring of Fire " Cincin Api ". Faktanya, Istilah bencana alam sudah tidak asing di telinga masyarakat. Mulai dari gempa, tsunami, banjir,dan yang lainnya.

Bencana gempa bahkan berpotensi tsunami pada minggu-minggu terakhir ini sering kita saksikan di saluran televisi termasuk yang melanda donggala dan palu. Dimana banyak menelan korban jiwa bahkan meratakan bangunan. Pada dasarnya setiap bencana memiliki hikmah. Ada satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari semua itu yakni bagaimana seharusnya manusia belajar dari alam. Secara langsung atau tidak langsung bencana tersebut disebabkan oleh tangan manusia itu sendiri.

Kapan akan terjadi gempa atau tsunami kita belum tahu bahkan belum mampu memprediksikannya. Maka dari itu kita harus selalu sigap mengetahui tanda-tanda bencana tersebut. Untuk kedepannya, penting untuk merealisasikan bangunan  yang tahan gempa kepada masyarakat. Khususnya, kepada masyarakat yang menetap di pinggiran pantai untuk menyadari guncangan gempa kuat sebagai peringatan tsunami maupun surutnya air laut termasuk salah satu tanda-tanda potensi tsunami.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project