Masjid Al-Huda Cipadung, Berubah Sejak Wabah Covid-19

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Huda yang terletak di Jl. Lio Utara Gang Aki Arbad, Cipadung, Cibiru ini sudah ada sejak lama sekali, tidak ada yang tahu pasti mengenai kapan berdirinya bahkan putra dari pendirinya pun tidak mengetahui dengan pasti kapan masjid ini didirikan.

Pada mulanya masjid ini hanya dipergunakan untuk salat 5 waktu saja, tidak ada salat jumat dan pengajian. Biasanya masyarakat sekitar masjid Al-Huda pada saat pelaksanaan salat jumat mereka menuju ke masjid Ikamah UIN Bandung. Kemudian pada tahun 2019 muncul isu mengenai wabah covid dan muncul aturan bagi warga untuk tidak diperbolehkan salat jumat dimasjid besar maka warga sekitar masjid Al-Huda menyiasatinya dengan salat jumat perdana di masjid tersebut dihadiri oleh masyarakat sekitar yang berjumlah lebih dari 40 orang.

"Kami bingung sekali saat tau bahwa banyak polisi berjaga didepan masjid untuk menghalangi masyarakat untuk melaksanakan salat jumat berjamaah, hingga akhirnya kami masyarakat sekitar mencari cara agar bisa tetap melaksanakan salat jumat bersama," tutur ustaz Aep selaku ustaz di masjid Al-Huda.

Masjid Al-Huda memiliki lokasi yang strategis, masjid ini berada didalam pemukiman yang tersembunyi sehingga pada pelaksanaannya salat jumat semakin rutin diadakan di masjid Al-Huda selama covid ini, dan tentunya dengan saling menjagajarak dan mematuhi protokol kesehatan. Seiring berjalannya waktu masjid Al-Huda kian hari kian berkembang, puncak keberhasilan masjid Al-Huda adalah saat diangkatnya ketua RW baru, beliau merupakan seorang akademisi dan tokoh masyarakat ia memiliki relasi dari berbagai lembaga sehingga mudah mendapatkan donatur untuk perkembangan pembangunan masjid, hingga masjid Al-Huda tercatat sebagai masjid resmi dari Kemenag.

"Sekarang masjid Al-Huda banyak kegiatannya, dari mulai pengajian ibu-ibu sampai anak-anak, kami juga merayakan hari-hari besar bersama di masjid ini," pungkas ustaz Endang Taryana selaku ketua DKM.

Beliau juga menuturkan semua kegiatan di masjid Al-Huda rutin dilakukan sehingga masjid yang dahulu hanya sepetak tanah kini menjadi masjid yang lebih luas dan lebih banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Reporter: Nanda Fadilah/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023