Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Saat Manusia Tidak Bisa Lepas Dari Media Sosial

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:28:54Z

Seiring berkembangnya zaman, perubahan sosial juga ikut terdampak atas adanya kemajuan revolusi ini, salah satunya pada sektor media komunikasi ataupun media untuk bersosial dengan yang lainnya. Perkembangan yang sangat pesat ini membuat sebagian orang mengikutinya untuk tren, atau memanfaatkannya ke dalam hal hal yang baik. Tetapi banyak juga menyalahgunakan kemajuan media dan teknologi ini ke dalam hal yang merugikan. 
Akhir-akhir ini media yang sering digunakan yaitu internet. Karena internet ini memudahkan kita untuk mengakses segala sesuatu layanan internet lainnya seperti Facebook, Whatsapp, Youtube, dll. Kebebasan ini juga dimanfaatkan sebagian orang untuk menjadikan media ini untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan mencari informasi di dalam dunia maya dengan siapapun. Media sosial juga khususnya di dalam internet kita dapat bergabung dengan komunitas apapun bahkan bisa bertemu kawan lama. 
Media sosial ini jugaa banyak dimanfaatkan oleh banyak orang khusunya seperti para pengusaha yang melakukakan transaksi jual beli melalui layanan onlinenya, karena media ini sangat mudah untuk di akses dan mempermudah untuk mendagangkan suatu produk yang akan dijualnya. Tetapi jika menggunakan online seperti itu juga tidak luput dari hal hal yang tidak diinginkan seperti adanya orderan yang fiktif.
Tetapi selain berguna untuk kepentingan kepentingan yang positif, media sosial juga mempunyai dampak yang sangat buruk bagi manusia. Salah satu contohnya yaitu kecanduan menggunakan media sosial. Bahkan secara tidak sadar dalam keseharian kita juga selalu menggunakan kegunaan dari media sosial, karena menurut sebagian orang media sosial sudah menjadi urat nadi yang sangat penting bagi kehidupannya.
Selain membuat kecanduan terhadap pengguna handphone, media sosial ini sangat riskan jika anak anak yang di bawah umur menggunakan media sosial ini dengan tidak baik, seperti membuka situs porno atau menghack akun akun orang lain. Oleh karena itu pemerintah berevaluasi untuk membatasi penggunaan media sosial ini dengan cara memblokir situs yang sifatnya tidak berguna atau bermanfaat. 
Dengan hal ini media sosial sangatlah mempunyai sifat yang positif dan juga negatif. Oleh sebab itu kita selaku pengguna media sosial harus bisa menggunakan teknologi ini dengan baik dan juga bijak. Selain dari itu pemerintah selaku pemegang kekuasaan selalu ikut andil dalam pemberantasan situs situs yang sifatnya negatif karena dengan cara itu, situs situs yang tidak bermanfaat bisa ditiadakan.

Rafi Hidayat Ruswandi
Mahasiswa KPI UIN 
Sunan Gunung djati, Bandung
087823927322
×
Berita Terbaru Update