Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengurus Besar Al- Washliyah Adakan Lomba dakwah digital Tingkat Nasional

Kamis, 16 Desember 2021 | Desember 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-16T07:48:15Z

Dakwahpos.com, Bandung- Al-Jami'atul Washlliyah – Masa Islam dari Sumatra Utara. Lomba Dakwah Tingkat Nasional Al-jami'atul Washliyah 2021 dalam rangka memperingati Hut Ke-91 Al-jami'atul Washliyah dengan waktu pendaftaran 25 November – 5 Desember dan pengumuman kejuaraan 8 Desember. 

Lomba dakwah digital tingkat nasional yang diselenggarakan Al-jami'atul Washliyah ini diikuti oleh berbagai macam kategori yaitu SD, SMP/MTS dan SMAIMA dan Mahasiswa. Lomba dakwah digital tersebut dilakukan dengan membuat video rekaman ceramah keislaman, dengan durasi 5-7 menit dengan dibagian akhir ceramahnya ditambah kata "Nasrum minallah wa Fathung Qorub Wa Basysyiril Mu'min Wassalamualaikum Wr, Wb. dan "Selamat Hari Ulang Tahun Al-Jam'iatul Washilah ke-91, Majulah Washilyah Zaman Berzaman"

Adapun kriteria untuk dijadikan penilaian dari lomba dakwah digital ini yaitu : Isi materi 40% (struktur kesesuaian topik dan isi dan akurasi dalil, Retorika 35% (gaya bahasa gaya penyampaian dan penjiwaan) dan Etika 25% (performa dan ketepatan mengikuti aturan dari panitia).

Terdapat beberapa perwakilan dari mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, salah satu diantatranya yaitu Neng Ayu Lestari Yang membahas tentang " Akhlaqul Karimah "

" Akhlak menurut bahasa artinya tabi'at, kebiasaan, atau perangai. Akhlak dibagi menjadi 2, yaitu akhlak mahmudah atau bisa disebut akhlak terpuji dan akhlak mazmumah yang disebut juga akhlak tercela. Akhlakul karimah tentunya adalah akhlak yang terpuji. Seperti firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Qalam ayat 4 yang berbunyi : اِنَّكَ لَعَلٰى لُقٍ "sesungguhnya engkau (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung". Q.S. AL-Qalam ayat 4" Ujar Neng Ayu Lestari 

Neng Ayu Mengungkapkan Bahwa Akhlak mulia merupakan sebuah kunci untuk terwujudnya kehidupan yang damai dan tentram. Dalam sejarah kehidupan, telah dibuktikan seorang pemimpin yang memiliki akhlakul karimah dapat mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera. Seorang pemimpin yang bobrok akhlaknya, dapat dipastikan bahwa dalam kepemimpinannya, ia akan menerapkan cara-cara yang dapat menimbulkan keributan serta kegaduhan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini tentunya dapat digunakan sebagai pelajaran bahwa akhlak merupakan suatu hal yang teramat penting untuk dipergunakan sebagai pondasi dalam segala aspek.

Selanjutnya untuk kejuaraan masing-masing kategori juara 1-3, juara akan mendapatkan uang pembinaan serta sertifikat dan seluruh peserta juga akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan. Sedangkan untuk pengumumannya pada tanggal 8 Desember 2021 di Instagram @dakwahalwashliyah dan facebook @alwahsliyahjawabarat.

Reporter : Neng ayu Lestari KPI 3C
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update