Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadapi Musim Pancaroba Jaga Kesehatan dan Asupan Gizi

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:34:33Z

Khususnya di Indonesia penyakit yang dapat tertular itu dampak dari adanya genangan air yang melahirkan virus virus jahat sehingga akan memangsa manusia dengan waktu yang sangat cepat, jika kita tidak bisa menjaga diri dan melakukan pola hidup sehat, maka bersiap siaplah penyakit tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh, karena bakteri dan virus yang dilatarbelakangi pola perubahan cuaca. Berhadapan dengan keadaan sekarang, dimana pada musim pancaroba sangat mudah sekali penyakit atau bahkan virus masuk ke dalam tubuh manusia.

Dengan begitu perlu adanya waspada dan kehati-hatian dalam melakukan sesuatu, virus yang tidak terlihat dan penyakit yang kita tidak tahu kapan datangya, oleh karena itu, sebelum menularnya virus tersebut mari kita kalahkan bersama dengan menjaga pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi serta kaya akan nutrisi. Maraknya kasus DBD pada beberapa desa menyebabkan kegaduhan yang berkepanjangan di masyarakat setempat, karena mungkin mereka tidak ingin virus itu sampai menyebar pada keluaga atau bahkan pada diri mereka sendiri.

Perlu adanya intropeksi diri, sadar akan linkungan, dan peduli akan sesama. Tidak ada orang yang menginginkan sakit apalagi sampai terkena virus yang memang sangat membahayakan seperti DBD dimana penyakit itu sangat mudah menularkan dari satu terhadap yang lainnya, sehingga upaya yang harus dilakukan adalah selalu menjaga diri, linkungan, dan jangan sampai lengah. Melihat kondisi seperti ini kita sebagai manusia yang tidak menginginkan itu semua terjadi pada diri kita, dengan begitu start mulai dari sekarang untuk mengubah pola hidup dari yang tadinya tidak terlalu memperdulikan menjadi sangat protektif dalam menjaga diri. Dengan memakan makanan bergizi, minum yang cukup, tidur yang sesuai dengan jadwal yang dianjurkan, serta pola fikir yang bersih, dalam arti tidak banyak fikiran dan hal lain yang menggagu terhadap mental health kita.

Berbicara mengenai pola hidup sehat dengan memakan makanan yang bergizi, saya sadar bahwa yang menyebabkan terserangnya penyakit itu tidak hanya dari factor lingkungan saja dalam menjaga pola hidup sehat, tetapi juga factor makanan ini sangatlah berpengaruh bagi kesehatan manusia, karena dengan memakan makanan yang kurang akan nutrisi, gizi dan banyaknya bahan pengawet itu semua dapat menyebakan tubuh kita sakit. Bayangkan saja, bagaimana mau sehat dan tubuh itu segar bugar tetapi yang dimakan itu tidak ada sama sekali proteinnya. Tubuh juga memerlukan asupan yang baik sehingga pergerakan dan kinerja kerja tubuh itu bisa stabil dan kita sendiri yang akan merasakannya.

Menjaga pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi, bisa dimulai dengan memakan buah-buahan di pagi hari serta dibarengi dengan berolah raga, minimal menggerakan tubuh supaya tidak kaku, dilanjut pada siang hari dengan mengurangi makanan yang mengandung kolestrol atau kalori berlebih cukup dengan sayur-sayuran contohnya, serta diiringi dengan kegiatan yang produktif, setelah itu istirahat yang cukup, dilanjut pada sore hari dengan memakan makanan yang tidak terlalu berat seperti merebus singkong ataupun cemilan lainnya yang jauh dari MSG ataupun kalori yang tinggi, setelah melakukan aktivitas seharian, dilanjut malam hari cukup hanya dengan memakan buah-buahan yang dapat mengenyangkan, tidur yang teratur serta istirahat yang cukup.

Perilaku gaya hidup dan konsumsi asupan gizi keduanya merupakan hal yang sangat mendasar terkait erat guna pencegahan penyakit di musim pancaroba dalam rangka menjaga kesehatan diri agar tidak mudah terkena penyakit, terkhusus untuk masyarakat yang hidup di wilayah iklim tropis seperti (Indonesia).

 

Silmie Rusydiani Sholihah

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

Jalancagak, Des. Maruyung Kec. Pacet Kab. Bandung

081324960958

×
Berita Terbaru Update