x
BREAKING NEWS

Jumat, 28 Desember 2018

Resensi Buku, Winny Febrianti Ali 1174020177

Nama  : Winny Febrianti Ali

NIM     : 1174020177

Kelas    : KPI 3 D

 

Islam dan Toleransi

 

Judul                : Nilai Toleransi Dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW Menyingkap Pesan                 Damai Piagam Madinah

Penulis             : Jamal Ghofir, MA

Penerbit          : Dialektika

Tahun Terbit   : 2017

Tebal Buku      : 194 Hal

ISBN                 : 978-602-61507-8-3

            Islam merupakan agama dakwah, yaitu agama menegaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan kepada seluruh umat manusia secara arif dan bijaksana. Sebagai agama yang rahmatan lil alamin, islam dapat menjamin akan terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan umatnya manakala ajaran islam dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan benar sebgaimana yang telah dilakukan Nabi Muhammad SAW.

            Peranan Nabi Muhammad SAW sebagai seorang pemimpin sekaligus mubaligh mampu menarik hati dan perhatian berbagai lapisan masyarakat kota Madinah. Materi-materi dakwah yang disampaikan beliau yang mengedepannkan nilai toleransi dalam nilai kehidupan masyarakat yang berbeda suku, ras serta agama seperti yang telah tertulis dalam kesepakatan yang dikenal dengan sebutan "Piagam Madinah". Misi profetik yang diemaban Nabi itu diwujudkannya dalam kehidupan sosialnya yang tamoak nyata dalam upaya menegakkan keadilan sosial, kesetaraan dan perdamaian. Spirit "Rahmat bagi semesta" adalah semangat cinta kasih yang akan mendorong kehidupan yang lebih baik dan indah. Dari sinilah peradaban akan dibangun atas prinsip saling mengenal, merawat, melindungi dan memekarkan satu sama lain. Bukan sebaliknya, saling mencurigai, membenci dan mengahnacurkan satu sama lain.

·         Banyak keunggulan dari buku ini diantaranya didalam buku ini mengungkap sejarah nabi Muhammad SAW mendakwahkan islam pada zaman dulu begitu pula dengan sejarah "Piagam Madinah". Dari buku ini pula kita dapat belajar tentang nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam piagam mandinah tersebut, serta nilai-nilai toleransi yang diterapkan nabi Muhammad SAW dalam jalan dakwah beliau. Dan dari piagam madinah tersebut kita dapat mengetahui bahwa Madinah sebagai pondasi awal toleransi beragama. Buku menjelaskan pula beberapa pokok ajaran islam dalam toleransi, prinsip-prinsip islam dalam toleransi serta aspek-aspek dalam toleransi itu sendiri.

·         Buku ini memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan. Salah satu kelemahan atau kekurangan buku ini adalah tata bahasa yang di gunakan dalam buku ini masih dalam tata bahasa yang sulit untuk dipahami oleh para pembaca karena penggunaan bahasa pada buku ini masih menggunakan bahasa-bahasa yang ilmiah, yang sulit untuk dipahami dan memerlukan media untuk memahaminya seperti kamus untuk menafsirkan kata-kata tersebut.

·         Buku ini cock diperuntukkan oleh para mahasiswa-mahasiswi dan para da'i karena gaya bahasanya yang ilmiah dan isi buku ini berkaitan dengan keadaan saat ini.

 

 

 

 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia