x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Masjid Darus Sholihin Cetak Generasi Penghafal Al-Quran


Dakwahpos.com, Bandung – Demi perkembangan dan kemajuan para anak santrinya, DKM Darus Sholihin menambahkan program menghafal al-quran pada pembelajarannya sebagai salah satu upaya mencetak generasi penghafal al-quran.

Masjid Darus Sholihin terletak di kampung Pangaritan, Rt/Rw. 01/05 Kecamatan Panyileukan, Kabupaten Bandung. Masjid ini berdiri sejak tahun 1948 yang dibangun atas dasar keprihatinan tidak adanya sarana bagi anak-anak untuk mengenyam pendidikan agama islam.

Dari awal berdiri, pengajian yang dilakukan di masjid Darus Sholihin hanya berkutat pada pengkajian fiqih dan tauhid. Namun kini, sejak tahun 2016  DKM Darus Sholihin mengadakan program baru, yaitu program  menghafal al-quran bagi anak-anak secara gratis. Pogram menghafal al-quran ini, mendapat respon yang baik dari masyarakat setempat, ini terbukti dengan bertambahnyaa anak-anak yang mengaji di Masjid tersebut.

" Awalnya di Masjid Darus Sholihin ini,  kami hanya mengajarkan kepada anak-anak itu tentang fiqih, tauhid, kemudian kitab-kitab lainnya. Namun tim pengajar berinisiatif untuk mengadakan program menghafal al-quran ini yang diharapkan akan mencetak generasi penghafal al-quran " ujar KH.Misbah , ketua DKM Darus Sholihin. Senin (08/10/17).

KH. Misbah mengatakan bahwa metode yang digunakan untuk menghafal al-quran di masjid Darus Sholihin adalah metode muraja'ah atau mengulang. Kegiatan muroja'ah tersebut dilakukan oleh anak-anak setelah ashar menjelang magrib, dengan membagi kelompok-kelompok kecil membentuk lingkaran. Sistemnya menggunakan system mentoring, dimana dalam satu kelompok tersebut ada yang dijadikan sebagai penguji atau mentor.

Metode tersebut dapat diterima dan dijlankan dengan baik oleh anak-anak " sambil nunggu magrib, saya dan anak-anak yang lain suka muroja'ah dulu, dengan mengulang ayat-ayat yang sudah dihafal, itu membantu saya untuk menjaga hafalan biar gak lupa, jadi saya suka dengan metode muroja'ah ini " ujar Syifa, salah satu santri di masjid Darus Sholihin.

Untuk menambah semangat menghafal al-quran anak-anak tersebut, kini di Masjid Darus Sholihin akan sering diadakan pelatihan-pelatihan dan mentoring mengenai cara mudah dam cepat menghafal al-quran. Seperti yang telah dilakukan dua pekan terakhir ini, DKM Darus Sholihin mendatangkan tim penghafal al-quran yang sudah tahfidz 30 juz.

Reporeter: Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project