Ustaz H. Adnan Muslim, Pejuang Jam'iyyah Dari Cibiru

Ustaz Drs. H. Adnan Muslim, S.Ag yang kerap disapa Ustaz Adnan ini  lahir di Kabupaten Sumedang pada 16 Agustus 1955 dan kini beliau menetap di Gang Kujang, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Beliau menceritakan jika pernah menempuh pendidikan tinggi di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada  Jurusan Perbandingan Agama, Fakultas Ushuluddin  dan juga STAI Siliwangi pada Jurusan Pendidikan Agama Islam,  Fakultas Tarbiyah, dari kedua Perguruan tinggi tersebut Ustaz Adnan  mendapatkan gelar doktorandus (Drs) dan juga Sarjana Agama (S.Ag). setelah lulus dari IAIN Sunan Gunung Djati beliau diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementrian Agama dan pernah ditugaskan di luar Jawa Barat, dan kemudian setelah beberapa tahun diangkat menjadi PNS, Ustaz Adnan kembali melanjutkan pendidikannya di STAI Siliwangi.
 
Perjalanan dakwah jam'iyyah Ustaz Adnan dimulai ketika bergabung menjadi Jemaah yang merupakan cikal bakal Pimpinan Cabang Persatuan Islam (PERSIS) Kecamatan Cibiru yang secara resmi dibentuk pada tahun 1992. pada saat merintis PC PERSIS Cibiru, pengajian yang dilakukan bertempat di MTs milik Yayasan Al Misbah, dan kebetulan Yayasan tersebut milik keluarga Ustaz Adnan.

"Muhun, awalna pengajian teh di MTs Al-Misbah, penginteh eta nu wargi (Ibu)" Jelas Ustaz Adnan.

Terdapat suatu insiden yang menimbulkan keresahan di kalangan jemaah, yaitu Jemaah dianggap Dhiror. Pada awalnya Jemaah yang menjadi cikal bakal tersebut belum terafiliasi dengan organisasi apapun, akan tetapi pesan-pesan yang disampaikan mengandung nilai semangat kembali kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah, dan pada akhirnya diputuskan Jemaah tersebut menjadi Jemaah Persatuan Islam (PERSIS) untuk menepis tuduhan dhirar dan untuk melindungi jemaah, selain itu karena ustadz yang membina berasal dari kalangan PERSIS yaitu Al-Ustaz Muchtar Latief dari PC PERSIS Batununggal.

Terdapat suatu fakta unik dari Ustaz Adnan, beliau selalu diamanahi menjadi Sekretaris Umum kecuali pada saat awal menjadi tasykil (saat itu bidang tarbiyah) dan saat beliau menjadi Ketua Pimpinan Cabang Persatuan Islam (PERSIS)  Cibiru (2005-2011), bahkan hingga saat ini beliau masih menjabat sebagai Sekretaris Umum PC PERSIS Cibiru.

Selain aktif di Pimpinan Cabang, beliau pun pernah diamanahi sebagai bidang perwakafan di Pimpinan Daerah Persatuan Islam (PERSIS) Kota Bandung dan bahkan beliau sekarang diamani sebagai Wakil Bendahara Umum Pimpinan Wilayah Persatuan Islam (PERSIS) Provinsi Jawa Barat.

 Pada usia yang menginjak 68 tahun beliau masih aktif dalam kegiatan-kegiatan Jam'iyyah yang bersifat lingkungan rumahnya dan juga wilayah, menunjukkan dedikasi yang tinggi kepada Jam'iyah Persatuan Islam.

Reporter: Naqib Al Ghazy/ KPI 3 C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023