Ustaz Asep Hidayat, M.Sos: Ada Empat Kategori Manusia, yang Kedua Paling Rugi

Dakwahpos.com, Bandung - Di dalam pengajian yang diadakan di Masjid Al-Huda, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Ustaz Asep Hidayat, M.Sos, membahas tentang empat kelompok manusia yang ada di muka bumi pada Sabtu (28/10/2023).

Pengajian ini berlangsung di Jl. Lio Utara Gang Aki Arbad 03/10. Acara dimulai dengan lantunan ayat Al-Quran Surat Al-Ahzab: 21, yang menjelaskan bahwa Rasulullah diutus ke dunia ini sebagai suri teladan bagi umat manusia. 

"Sebagai umat Islam, kita wajib menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam kehidupan kita. Kita harus meniru perilaku dan tindakan Nabi Muhammad Saw, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran, QS An-Nisa ayat 36,  yang berisikan perintah Allah SWT untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai hambaNya. Kewajiban tersebut terbagi menjadi dua hal, ada "Hablumminallah" (beribadah kepada Allah) dan "Hablumminannas" (berbuat baik kepada sesama)," tutur Ustaz Asep Hidayat, M.Sos.

Beliau lalu mengkategorikan perilaku manusia dalam memenuhi kewajibannya menjadi empat kelompok:
1. Orang yang memiliki akhlak baik tapi tidak beragama: Kelompok pertama ini terdiri dari orang-orang saleh yang hidup sebelum zaman Nabi Muhammad Saw. Mereka adalah para nabi dan umat terdahulu yang beriman kepada Allah SWT. Pada masa itu, perintah untuk menjalankan salat lima waktu belum diberlakukan, sehingga penilaian mereka didasarkan pada keimanan dan keyakinan mereka kepada Allah SWT.
2. Orang yang beragama namun tidak memiliki akhlak baik: Kelompok ini muncul setelah lahirnya agama Islam pada masa Nabi Muhammad Saw. Mereka mengaku sebagai beragama Islam, tetapi tidak menjalankan kewajiban dasar agama, seperti salat, yang merupakan syarat utama diterimanya amal ibadah mereka.
3. Orang yang tidak beragama dan tidak memiliki akhlak baik: Kelompok ini terdiri dari mereka yang memerangi agama Islam, seperti Abu Lahab, yang sangat kejam terhadap agama Islam dan Nabi Muhammad Saw. Bahkan namanya dicatat dalam Al-Quran, dalam Surat Al-Lahab.
4. Orang yang beragama dan memiliki akhlak baik: Kelompok inilah yang menjadi teladan utama, yaitu Nabi Muhammad Saw. Islam adalah agama yang dimuliakan oleh Allah, dan Allah memberikan agama Islam kepada Nabi Muhammad sebagai kekasih-Nya.

Dalam pengajian ini, Ustaz Asep Hidayat, M.Sos, menekankan pentingnya menjauhi kelompok-kelompok yang tidak seimbang antara agama dan akhlak. Ia mengajak jamaah untuk meneladani Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan memastikan bahwa kita termasuk dalam kelompok yang beragama dan memiliki akhlak yang baik.

Reporter: Nanda Fadilah/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023