Tindak Bencana, Lewati Duka

Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan terjadinya bencana alam. Contohnya seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir, dan lain-lain. 

keberadaan lempeng tektonik Indonesia. Secara geografis, Indonesia berlokasi di jalur yang mempertemukan 2 lempeng benua, yaitu: lempeng benua Asia dan lempeng benua Australia, menyebabkan banyaknya gunung berapi di Indonesia.
Ketika kedua lempeng itu saling bertabrakan, maka akan timbul proses tektonik yang mencapai suhu dan tekanan tinggi, sehingga memicu magma untuk naik ke permukaan bumi dan membentuk gunung berapi. Banyaknya gunung berapi di Indonesia adalah fakta bahwa Indonesia dilalui oleh 2 jalur pegunungan muda, yakni sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania. Dengan begitu, tentu saja terdapat banyak gunung berapi di Indonesia.

Pada daerah-daerah yang terkena dampak bencana, masyarakatnya mau tidak mau harus mengungsi, setidaknya untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. Mereka kehilangan rumahnya, hartanya, keluarganya, atau bahkan mereka hampir kehilangan nyawa mereka sendiri. Tidak ada lagi yang mereka harapkan selain kebaikan kita, orang-orang yang seharusnya tergerak untuk membantu meringankan beban mereka.
 
Gunung meletus, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, dan semua bencana yang melanda bumi kita, tanah air kita, adalah duka bagi kita semua. Rasa kemanusiaan kita diuji dengan bagaimana seharusnya kita bertindak dan berempati terhadap bencana yang terjadi.

Rio Mughni Firdaus 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023