Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengemudi Yang Arogan, Bagaimana Menyikapinya?

Kamis, 27 Oktober 2022 | Oktober 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T02:33:15Z

Oleh Mohammad Ashrial

Harus diakui, semakin hari memang semakin banyak pengemudi mobil atau motor yang arogan dan agresif di jalan raya. Banyak sekali kejadian pengendara atau pengemudi yang sangat arogan saat berada di jalan raya.

Kita mungkin pernah melihat sikap arogansi pengguna jalan terutama pada pagi dan sore hari. Dimana pada jam-jam tersebut, kemacetan jalan sedang dalam puncaknya. Sebagian pengguna jalan pun enggan bersikap tertib lalu lintas dan memilih jalan pintas agar segera sampai tujuan.

Karakter arogan di jalan raya kebanyakan dilakukan oleh pengendara sepeda motor pengendara motor yang tak lagi mengikuti rambu-rambu lalu lintas dan berkendara sesuka hati. Bahkan ada motor yang menyerempet spion mobil hingga patah dan si pengendara motor memilih untuk kabur. Hal ini membuat pengguna jalan yang lain semakin merasa tak nyaman. Apakah kita termasuk pengguna jalan yang arogan?

Bagaimana menyikapinya?

Sediakan Waktu, Sebisa mungkin pengendara melakukan perjalanan lebih awal agar tidak berkendara dengan terburu-buru. Ini membuat pengendara tidak memiliki tekanan waktu untuk buru-buru ketika di jalan.

Rencanakan Rute, Pengemudi diharapkan bisa memilih rute perjalanan yang lebih lancar dan menghindari rute yang macet. Hal ini dikatakannya untuk menghindari area bronx ketika sedang berkendara di jalan raya.

Tertib, Usahakan untuk selalu tertib berlalu lintas ketika di jalan. Salah satu contohnya yakni tidak melanggar lampu lalu lintas atau memberikan lampu isyarat ketika hendak berbelok demi keselamatan bersama.

Jaga jarak aman, Sebisa mungkin pengendara wajib menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan ketika kondisi jalanan sedang macet parah.

Mengalah, Jika bertemu dengan pengemudi mobil atau sepeda motor yang arogan dan berkendara agresif, lebih baik mengalah dan tinggalkan saja.

Mohammad Ashrial

Mahasiswa KPI UIN SGD BDG

Bandung, Jawa Barat

081224798288

Komp. Emerald Residence 2 kav.10 RT.09 RW.10

"Tulisan ini pernah dimuat di forum@mediaindonesia.com 13 oktober 2022"


×
Berita Terbaru Update