Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Sebelum Terdampak

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T16:01:01Z


Musim pancaroba merupakan peralihan musim yang ekstreme dari musim hujan kepada musim kemarau atau juga sebaliknya yang ditandai dengan tidak menentunya cuaca pada iklim tropis seperti berhembusnya angin yang kencang dan terkadang dengan diikuti curah hujan yang relatif tinggi dan berpindah ke musim kemarau yang panas.

Yang harus di waspadai pada musim ini ialah sering muncul beberapa penyakit akibat musim yang tidak menentu seperti flu, demam berdarah, tipes, ispa, diare, dan lain lain. Penyakit-penyakit tersebut apabila kita tidak waspadai akan berakibat fatal pada tubuh kita dan akan menggangu aktivitas kita.

Cara kita untuk tetap waspada terhadap pancaroba ini, agar kita tidak terkena dampak dari pancaroba tersebut dengan cara istirahat dengan cukup. Apabila kita memiliki aktivitas yang padat semisal orang kantoran, pekerja bangunan, buruh pabrik dan lain-lain yang memilki kesibukan yang ekstra maka kita harus bisa memanage waktu kita untuk beristirahat yang cukup agar imun pada tubuh kita tetap stabil. Apabila kita memaksakan diri atau kita tidak bisa memanage waktu untuk memberikan istirahat kepada tubuh kita maka akan menurunkan imunitas tubuh kita sehingga akan mudah terkena dampak dari pancaroba tersebut.

Kemudian cara selanjutnya untuk kita tetap waspada terhadap dampak pancaroba adalah terapkanlah pola makan sehat, teratur dan bergizi seimbang. Dengan kesibukan aktivitas yang kita punya tentunya kita harus memiliki energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, maka dari itu kita harus memiliki asupan makanan yang cukup dan bergizi dengan teratur. Janganlah kita melewatkan sarpan karena sarapan merupakan waktu makan yang paling penting sebab kita meperoleh energi untuk menjalankan aktivitas kita selama seharian. Kemudian janganlah makan terlalu berlebihaan karena akan meningkatkan resiko sejumlah gangguan kesehatan.

Disamping pola makan yang teratur kita juga harus bisa memilih makanan yang memilki gisi yang seimbang seprti, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran karena bahan pangan ini merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang akan memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Kemudian perbanyak memium air putih karena asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh, minumlah paling sedikit delapan gelas dalam sehari.

Yang terakhir yaitu rutin berolahraga yang teratur sebab olah raga yang teratur dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan bagi tubuh kita khususnya meningkatkan imunitas tubuh kita sehingga menurunkan resiko terkena berbagai penyakit. Contohnya dengan kita melakukan lari pagi, senam, melakukan olahraga ringan dirumah, dan lain-lain.


Ahmad Fahmi Latif Fadlillah, KPI 3 A, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
×
Berita Terbaru Update