Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Unand Fasilitasi Bank Sampah Balai Baru

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T15:58:39Z

Dakwahpos.com, Padang - Tim pengabdian FKM Unand bersama tim Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Unand Berhasil mendirikan bank sampah di Gunung Sarik, Kota Padang. Hingga saat ini sudah ada dua bank sampah yang diresmikan di Gunung Sarik.
Ketua dari tim Pengabdian FKM Unand, Septia Pristi Rahmah mengatakan pengabdian ini berlangsung sekitar empat bulan serta turut melibatkan berbagai instansi, seperti kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Andalas, Kecamatan Kuranji, Kelurahan Gunung Sarik, PKK, hingga RT dan RW.
Selama kegiatan berlangsung, pengabdian ini sudah menjalani menjalani berbagai tahap-tahap baik sebelum, saat, setelah pelaksanaan seperti persiapan, sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pada tahap persiapan, para pengurus dan anggota telah diberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengolahan sampah, pembuatan eco enzim hingga membuat pupuk organik dan non organik.
Mairizon selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang meresmikan bank sampah ini memberi apresiasi besar kepada kegiatan ini. Kerana dengan didirikannya bank sampah akan sangat membantu Dinas Lingkungan Hidup dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Menurut Mairizon bank sampah ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan sampah di kota Padang.
"Dengan adanya bank sampah ini masyarakat dapat memanfaatkan sampah-sampah menjadi barang-barang bernilai ekonomis dan menghasilkan. Diharapkan bank sampah Balai Baru dapat selalu bertahan lama dan eksis." Ujar Mairizon.
Selain itu, Mairizon juga mengatakan bank sampah dapat eksis dan berkembang karena adanya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama masalah sampah. Bank sampah adalah bisnis, bisnis yang berbeda pada umumnya. Bisnis bank sampah ini bukan untuk mencari keuntungan, tetapi butuh kepedulian yang besar dari masyarakat. Karena keuntungan dari bank sampah ini sedikit.
Selain Mairizon, peresmian ini dihadiri Wakil Dekan III FKM Unand Dr. Fivi Melva Diana dan Ketua MBKM Unand Tesri Maideliza MSc.

Fathur Rahman
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update