Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pencegahan Penyakit Pada Musim Pancaroba

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T09:03:39Z


Pancaroba merupakan masa peralihan diantara dua musim pada daerah iklim muson, yaitu diantara musim hujan dan musim kemarau. Masa pancaroba ini ditandai dengan frekuensi tinngi badai, hujan yang sangat lebat yang disertai petir dan angin kencang. Masa ini juga banyak ditandai dengan prilaku hewan-hewan dan tumbuhan.

Pada musim ini juga sangat berpotensi munculnya berbagai macam penyakit yang bisa menjangkit semua masyarakat terutama masyarakat dengan imunitas tubuh rendah.  Saat musim pancaroba beberapa virus dan bakteri mulai gencar menyerang  tubuh.

Beberapa penyakit tersebut yaitu infeksi pada saluran pernafasan. Penyakit ini memiliki gejala-gejala seperti batuk berdahak, hidung termbat, flu dan bersin, pusing, serta nyeri otot, terkadang disertai dengan demam. Kemudian ada penyakit Influenza, penyakit ini sering muncul pada saat musim pancaroba yang memiliki gejala hidung tersumbat, batuk kering, dan mudah Lelah.

Adapun pencegahan pada penyakit tadi bisa dicegah dengan  kita harus menjaga imun kita sendiri dan asupan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, cukup tidur,  dan olahraga. Minum supelmen juga bisa mencegah datangnhya penyakit  cara ini bisa mencegah datangnya penyakit pada saat musim pancaroba tiba.

Demam berdarah juga termasuk penyakit yang suka menjangkit pada musim pancaroba, penyakit ini  disebabkan oleh virus yang menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dan menularkannya dengan cara menggigit orang yang sakit atau juga yang memiliki imunitas tubuh yang rendah kepada orang yang sehat.

Nyamuk banyak berkembang biak pada tempat yang hangat dan juga lembab. Untuk pencegahan penyakit DBD ini bisa denga kita sering membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk dengan obat yang dapat membunuh nyamuk untuk mencegah perkembang biakannya, kemudian jangan menimbun sampah terlalu banyak karena akan menjadi sarang-sarang nyamuk untuk berkembang biak dan juga sering membersihkan kama mandi atau daerah-daerah disekitar rumah yang terdapat genangan air.

Tipes atau demam typhoid yang merupakan penyakit musim pancaroba. Penyakit ini disebabkan karena bakteri Salmonella thyphosa yang menyerang saluran pencernaan pada manusia. Bakteri ini berkembang biak denga cepat pada air yang kotor, karena pada musim pancaroba sering terjaddi hujan. Seseorang yang terkena tipes akan mengalami diare, demam, dan kehilangan nafsu makan. Biasannya seseorang akan terkena tipes dikarenakan memakan makanan yang kurang bersih atau juga tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka untuk pencegahannya kita harus memperkuat imunitas tubuh kita denga cara memakan makanan yang bersih dan higenis, menjaga kebersihan dilingkungan sekitar rumah, dan lebih menjaga kebersihan sebelum makan.

Ahmad Fahmi Latif Fadlillah, KPI 3 A, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

×
Berita Terbaru Update