Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kobarkan Semangat Di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:16:49Z

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperingatkan Kembali tentang waspadai musim pancaroba. Akhir-akhir ini cuaca sering tidak menentu, siang panas terik malamnya hujan dan udaranyapun terasa sangat dingin. Peningkatan curah hujan pada musim panacroba ini dapat menimbulkan potensi bencana alam di antaranya yaitu banjir dan longsor. Selain bencana juga tidak sedikit orang yang terserang penyakit di musim pancaroba ini.

Walaupun demikian tidak sedikit orang yang semangatnya semakin berkobar, mungkin ada saja orang yang menjadi malas untuk beraktifitas karena cuaca yang dingin. Tapi saya melihat kebanyakan orang yang malah tetap semangat tidak kalah oleh keadaan cuaca yang ekstrem, mereka tetap menjalankan aktifitasnya seperti biasa, mereka tetap kuat dengan tekadnya baik dalam mencari nafkah ataupun dalam beribadah.

Dalam Bahasa sunda ada istilah "gedig patani" maksudnya yaitu petani yang berjalan cepat saking semangatnya berangkat ke kebun. Semangat petani ini patut kita contoh, mengapa patut di contoh ? karena petani itu selalu bersemangat berangkat ke kebun mau hujan mau panas bahkan dalam keadaan cuaca yang ekstrem seperti inipun mereka tetap ke kebun. Mereka tidak kalah oleh teriknya matahari dan merekapun tidak kalah oleh derasnya air hujan yang berjatuhan. Bahkan banyak petani yang rela tidur di kebun demi menjaga keamanan tanaman mereka. Bahkan membuat saung untuk tempat tidurnya.

Selain semangat petani, orang-orang yang tetap istiqomah dan selalu bersemangat beribadah kepada Allahpun tidak sedikit dan tidak terkalahkan oleh situasi dan kondisi. Pada dasarnya segala yang kita lakukan jika di niatkan karena Allah akan bernilai pahala. Pada musim pancaroba ini banyak sekali orang yang tetap bersemangat pengajian, shalat berjama'ah di masjid, walaupun cuaca sangat dingin di sertai kabut dan hujan deras tetapi tidak mengurangi semangatnya untuk meraih ridha Allah.

Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus mempunyai semangat yang lebih besar,  harus mempunyai semangat yang lebih berkobar dalam melakukan segalanya walaupun dalam situasi cuaca yang ekstrem.

 

 

Sri Pujianti Nurohmah

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

081394569319

sripujiantinurohmah@gmail.com

 

 

×
Berita Terbaru Update