Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hikmah di Balik Bencana

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:11:36Z

Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia menyebabkan perubahan terhadap berbagai macam aspek kehidupan dan sosial, jika biasanya bencana selalu di identikan dengan hal-hal yang neganif kali ini mari kita bahas dampak positif dibalik terjadinya beragam bencana di Nusantara.

Ternyata dari banyaknya bencana yang telah dialami tak membuat masyarakat berleha-leha, malah berbondong-bondong melakukan kebaikan. Dari banjir di bulan Januari, para korban semakin peduli terhadap lingkungan. Banyak di antara mereka yang mulai sadar akan pentingnya membuang sampah di tempat yang semestinya. Mereka tidak ingin bencana tersebut hadir untuk ke sekian kalinya.

Dampak yang luar biasa juga dapat dirasakan akibat pandemi Covid-19. Adanya program bekerja dari rumah (work from home) dan physical distancing sayangnya membuat banyak orang kehilangan penghasilan, bosan, berbagai acara penting terpaksa ditunda, stress, dan masih banyak lagi. Namun sisi positifnya, jalanan yang biasanya dipenuhi polusi udara, kini benar-benar berkurang.

Kita memang tidak tahu apa yang sedang direncanakan Tuhan dengan tahun ini. Yang pasti, tidak perlu menyalahkan keadaan, apalagi Tuhan. Mari bahu-membahu untuk merefleksi diri dan saling menasihati tanpa menggurui. Mari bergerak dengan kapasitas masing-masing.

Perlu diingat juga bahwa dunia beserta isinya ini adalah milik-Nya dan tidak ada yang melebihi kekuasaan-Nya. Kita sebagai mahluknya tinggal menjalankan kewajiban kita untuk menjaga alam ini.

 

Shina Nureni Nazilah

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dsn. Citeureup Rt/Rw 03/10 Ds. CilayungKec. Jatinangor Kab. Sumedang Prov. Jawa Barat

082121773943 / Shinanazilah2@gmail.com
×
Berita Terbaru Update