Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Teladani Akhlaqul Karimah Nabi Muhammad SAW

Rabu, 03 November 2021 | November 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-03T10:30:17Z


Dakwahpos.com, Bogor - DKM Karuhun menggelar acara pengajian akbar dalam rangka memperingati maulid Nabi beberapa waktu lalu. Acara berlangsung khidmat selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit.

Pengajian akbar ini dibuka dengan pembacaan rathib al haddad oleh KH Kholil Ma'mun, kemudian selanjutnya tanpa menunggu lama pengajian dimulai dengan mubaligh KH Jaenudin.

Pada hari Minggu, (24/102021) KH Jaenudin mengusung tema "Meneladani akhlaqul karimah Nabi Muhammad SAW". Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa  berkenaan dengan maulid Nabi, kita sebagai umatnya patut untuk selalu memperingatinya. Karena dengan memperingati maulid Nabi berarti kita bersuka cita dalam menyambut kelahiran Nabi kita. Selain itu, memperingati maulid Nabi juga merupakan suatu wadah yang mengingatkan kita tentang pentingnya meneladani akhlak beliau yang mulia, serta mengamalkan ajaran yang dibawanya.

"Nabi itu, suri tauladan terbaik bagi kita umat muslim. Nah, perilaku beliau yang patut kita tiru adalah melaksanakan sholat lima waktu. Karena sholat adalah tiang agama. Sholat adalah amal ibadah yang pertama kali dihisab nantinya. Kemudian yang kedua adalah sikap menghiasi diri dengan akhlak yang mulia, misalnya menghormati dan memuliakan orang tua, berbuat baik kepada sesama tetangga dan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Kemudian yang selanjutnya adalah miliki akhlak dengan berpegang pada Al Quran. Karena dalam suatu riwayat menyebutkan bahwa Akhlak Beliau adalah Al-Qur'an," ujar ustaz Jamaludin.

Berikutnya KH Jaenudin menyampaikan bahwa meskipun kita sebagai umatnya tidak sepenuhnya bisa mencontoh perilaku Nabi, setidaknya kita tahu bagaimana perilaku Nabi yang patut kita tiru di kehidupan sehari-hari.

Kita umat muslim yang memiliki sosok panutan paling nyata tentu harus senantiasa mencontoh dan mengikuti ajarannya.

Reporter : Aksal Ardiansyah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung






×
Berita Terbaru Update