Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masjid Baeturrahman peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Senin, 01 November 2021 | November 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T17:07:18Z

Bandung, Dakwahpos.com- Masjid Baeturrahman rutin mengadakan pengajian setiap malam senin, akan tetapi berbeda dengan minggu ini , karena Masjid Baeturrahman pada hari Minggu (31/10/2021) memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya hanya ceramah biasa tetapi pada hari ini terdapat hadroh atau lantunan khas yang biasa disebut barjanji. 

Berbeda dengan hari biasanya, pada hari ini di Masjid Baeturrahman di padati ibu-ibu dan bapak-bapak dimana hal ini bentuk antusias warga terhadap Maulid Nabi SAW. Ibu- ibu membawa tempat minum agar air tersebut mendapat syafaat hal ini biasa dilakukan ketika acara penting seperti maulid Nabi, Istigosah, dan berdo'a bersama lainnya. 

Sebelum acara dimulai biasanya pihak DKM selalu mempersiapkan masakan untuk ibu-ibu atau bapak-bapak yang hadir di pengajian maulid Nabi ini, serta memberikan nasi bungkus untuk dibawa pulang kerumahnya masing-masing. Hal ini sudah menjadi rutinitas di Masjid ini untuk selalu membagikan makanan ketika hari spesial yaitu Maulid Nabi. Karena dihari biasanya hanya diberi cemilan. 

Pengajian ini berisikan ceramah mengenai Maulid Nabi, shalawat kepada nabi, serta membaca al-barjanji. Yang paling dinanti- nanti oleh audiens adalah membaca al-barjanji karena ketika mendengarnya telinga terasa adem dan tentram. Namun hal tersebut balik lagi ke diri masing-masing. 

"saat ini berada pada bulan rabiul awal, dimana seharusnya dipenuhi dengan kebahagiaan, penuh dengan hikmah , dan meningkatkan kualitas diri dengan mendekatkan diri kepada Allah. Karena pada bulan Rabiul awal ini atau biasa disebut dengan bulan maulid yaitu lahirnya kedunia Nabi Muhammad SAW. Meneladani dan melaksanakan perintah Rasulullah SAW adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah SWT". Ujar Ustadz Wahyudin yang menyampaikan ceramah Maulid Nabi. 

Reporter : Resi Tri Rahayu Saripudin

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung 


×
Berita Terbaru Update