Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perbanyak Berbuat Kebaikan

Kamis, 28 Oktober 2021 | Oktober 28, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-28T10:11:19Z

Dakwahpos.com, Bandung-Masjid Ikomah yang berada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan ngaji rutinan yang bernama KAKIKU  (Kajian Kitab Kuning) kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, yaitu menggunakan zoom meeting maupun You Tube Masjid Ikomah, dengan berbagai macam tema kajian.

KAKIKU, Selasa (03/08/21) edisi melanjutkan dari bab sebelumnya ke Bab 13 Kitab Riyadus Shalihin Hadist ke 119-128. Yang di sampaikan oleh Bapak D.r H Mujiyo Nurkholis, M.Ag sebagai narasumber dan Dr. Uwes fatoni, M.Ag sebagai moderator.

Pada kajian kitab Riyadus Shalihin Hadist ke 119, menjelaskan tentang beriman dan berjihad.
Dalam beriman dan berjihad itu salah satu bentuk jihad itu adalah memperjuangkan termasuk nasib para hamba sahaya, selain itu juga, jika umat Islam menang, mereka mendapatkan rampasan dan salah satu bentuk rampasannya adalah anak anak dan wanita yang nantinya menjadi hamba sahaya.

Diantara jihad atau berperang jihad yang berarti lebih luas, diantaranya adalah memerdekakan hamba sahaya, Jika Jihad memerdekakan hamba sahaya tidak bisa maka tolonglah orang yang sedang melakukan sesuatu yang merasa perlu pertolongan.
Ketika menolong tidak bisa bagaimana jika ingin mendapatkan kebaikan maka engkau menahan kejahatanmu dari manusia, hindari berbuat jahat kepada orang lain.

"Jika kita menahan atau tidak berbuat jahat kepada orang lain maka kita akan mendapatkan pahala dari kejahatan yang tidak kita laksanakan". Ujar Bapak D.r H Mujiyo Nurkholis, M.Ag

D.r H Mujiyo Nurkholis, M.Ag menjelaskan bahwa Setiap ruas tulang kita di pagi hari itu hendaknya ada shadaqah dan setiap tasbih adalah shadaqah dan setiap kali tahmid adalah shadaqah dan setiap tahlilan adalah shadaqah. Dimakanai shadaqah karena memberikan kebaikan kepada diri kita sendiri.

Sekecil apapun kebaikan pasti kita akan melihat nya, Dan sekecil apapun keburukan yang kita perbuat maka kita akan mengetahuinya.Ujar bapak D.r H mujiyo Nurkholis, M. Ag

Reporter: Agus Fauzi
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update