Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bulan Suci Ramadhan Bulan Penuh Kegembiraan

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T14:20:06Z

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan pengajian kultum yang dilaksanakan secara rutin di setiap minggunya, Senin (05/04/2021). Kegiatan pengajian ini diisi dengan cerama Ustadz Dr. Hajir Tajiri, M.Ag (salah satu dosen jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung). Beliau mengangkat tema "Mengapa Mukmin Diwajibkan Berpuasa?".
Dalam ceramahnya Ustadz Dr. Hajir Tajiri, M.Ag mengungkapkan bahwa kita sebagai umat muslim harus menyambut baik kedatangan bulan suci Ramadhan.
"Mari kita sambut kedatangan bulan Romadhon tahun ini dengan perasaan yang penuh dengan kegembiraan perasaan yang penuh sukacita. Hal ini seperti kebiasaan para sahabat nabi Shallallahu Alaihi Wasallam manakala akan datang kepada mereka bulan Romadhon maka tampak kebahagiaan pada wajah-wajah mereka mata berbinar-binar hati berbunga-bunga wajah berseri-seri saking gembirannya", Ujar dosen Jurusan Bimbingan Konseling Islam ini.
Ustadz Hajir lanjut menjelaskan tentang mengapa mukmin diwajibkan untuk berpuasa. Secara sains orang mukmin selalu siap menjalankan perintah Allah.
"Mengapa orang-orang mukmin diwajibkan untuk berpuasa? Hal ini menarik saya kira untuk kita renungkan atau kita dalami. Hal yang pertama menurut dugaan sains orang mukmin selalu  siap untuk menerima perintah dari Allah SWT. Karena orang-orang beriman husnudzon atas apa yang diperintahkan Allah dalam pikiran orang-orang beriman tidak semata-mata Allah memerintahkan sesuatu kalua dibalik perintah itu pasti ada nilai manfaat pasti ada hal yang bermanfaat bagi kehidupan manusia".
Ustadz Hajir juga menjelaskan bahwa manfaat dari bulan Ramadhan yakni untuk membiasakan hal—hal yang sudah bisa dikatakan jauh dari kita seperti, membaca al-qur'an, shodaqoh untuk meningkatkan Kembali derajat ketakwaannya.
"Romadhon juga memberikan kesempatan kepada kita untuk menghapus segala dosa karena setiap dosa akan diampuni pada bulan Romadhon" ujarnya.
Kesimpulan dari kajian kultum ini, kita sebagai ummat mukmin harus menyambut dengan penuh bahagia ketika bulan suci Ramadhan tiba, karena bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, segala amal perbuatan baik kita di lipat gandakan pahalanya, dan ketika kita melakukan kebaikan atau beribadah dengan sungguh-sungguh maka semua dosa-dosa kita akan terhapuskan.

Reporter
Savana Al-Gibran
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

×
Berita Terbaru Update