x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Desember 2020

Tawakal dalam Kehidupan

Dakwahpos.com,Bandung - Ustadz Soleh Abidin  Melalui pengajian rutin mingguan ibu - ibu dalam dakwahnya beliau menyampaikan tausiyah  mengenai tentang Makna tawakal  dalam Kehidupan . Pertama - tama beliau mengucapkan  muqoddimah serta puji syukur kepada Allah dan beliau langsung mengawalinya dengan kajian dalam surah Al  Al-Anfal (8): 49)   dan beliaupun membacakan artinya "Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, Maka Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" .

Beliau mengatakan bahwa kita sebagai manusia sudah sepantasnya untuk menyerahkan segala urusan kepada Allah setelah melaksanakan ikhtiar terlebih dahulu jangan sampai kita melakukan tawakal sebelum memulai ikhtiar karena itu akan menimbulkan kesalahan pemahaman dan tindakan kita dalam  kehidupan. Maka tawakal yang benar, merupakan sebab utama berhasilnya usaha seorang hamba, baik dalam urusan dunia maupun agama, bahkan sebab kemudahan dari Allah Ta'ala bagi hamba tersebut untuk meraih segala kebaikan dan perlindungan dari segala keburukan.

Tidak terkecuali dalam hal ini  usaha untuk mencari rezki yang halal dan berkah. Seorang hamba yang beriman kepada Allah Ta'ala, dalam usahanya mencari rezki, tentu dia tidak hanya mentargetkan jumlah keuntungan yang besar dan berlipat ganda, tapi lebih dari itu, keberkahan dari rezki tersebut untuk memudahkannya memanfaatkan rezeki tersebut di jalan yang benar. Dan semua ini hanya bisa dicapai dengan taufik dan kemudahan dari Allah Ta'ala. Maka tentu ini semua tidak mungkin terwujud tanpa adanya tawakal yang benar dalam hati seorang hamba.

Maka merealisasikan tawakal yang hakiki sama sekali tidak bertentangan dengan usaha mencari rezki yang halal, bahkan ketidakmauan melakukan usaha yang halal merupakan pelanggaran terhadap syariat Allah Ta'ala, yang ini justru menyebabkan rusaknya tawakal seseorang kepada Allah. Setelah itu beliau menjelaskan mengenai urusan tawakal yang sesungguhnya .  Maka berusahalah dengan sungguh-sungguh dalam mencari rezki yang halal dan kebaikan-kebaikan lainnya, tapi jangan lupa untuk menyandarkan hati kita kepada Allah yang maha kuasa atas segala sesuatu, bukan kepada usaha yang kita lakukan (05/12/2020)

Pengajian rutin ibu - ibu ini berlangsung setiap hari jum'at pukul 14.00 siang sampai 17.00 di Masjid Al - Jabar Karangwangi Kota Garut Selatan .

Reporter : Fahminah Shaleha KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia