x
BREAKING NEWS

Kamis, 17 Oktober 2019

Ustadz Handy Bonny : Dakwah itu Boring Atau Membosankan ? Tidak Kok Jika dengan Bahasa yang Komunikatif

'Dakwaspos.com - Bandung – Ustadz Handy Bonny dalam dakwah yang disampaikannya pada Selasa malam, 15 Oktober 2019 di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Bumi Panyawangan dengan tema yang sangat menarik yakni JOKER, telah membangkitkan gelombang dan semangat hijrah anak muda atau generasi milenial. 

"Dakwah itu harus tepat sasaran. Gunakan pula bahasa yang komunikatif. Karena generasi milenial hari ini atau juga generasi "z" banyak beranggapan bahwa kegiatan dakwah itu boring dan membosankan. Penggunaan bahasa yang komunikatif inilah yang kemudian menciptakan respon yang baik dari jamaah. Seperti pada malam ini, tema yang diambil adalah "JOKER", ini ada kepanjangannya ya… Yakni Jomblo Keren. Menarik sekali dakwah apabila dilakukan dengan bahasa yang komunikatif seperti ini. Alasan mengapa tema ini kemudian menjadi menarik bagi para generasi milenial yakni karena hari ini generasi milenial banyak yang terjebak dalam masa kesendirian yang membingungkan, tidak pacaran dianggap memalukan, tetapi menikahpun belum siap." Ujar Ustadz Handy Bonny saat ditemui reporter selepas selesai berdakwah di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Bumi Panyawangan, Selasa 15 Oktober 2019.

Ustadz yang kerap disapa dengan sebutan Bonny ini kemudian menuturkan bahwa suatu kajian dakwah harus disampaikan kepada jamaah dengan bahasa yang ringan dan menyenangkan karena sejauh ini biasanya yang ada di mindset anak muda adalah bahwa kajian itu boring, membosankan dan tidak asyik. Maka, kemudian guru-guru kita di DKM Masjid Abbas mengubah konsepan kajian ini. Yang pertama dengan nama KANTIN (Kajian Rutin) atau Ngopi di KANTIN. Ini adalah upaya agar anak muda tertarik dulu datang ke masjid dengan penyampaian yang lebih komunikatif.

"Ngopi di Kantin adalah ngobrol perkara iman dan islam di kajian rutin Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq yang dilakukan dengan penyampaian yang komunikatif juga sederhana dan dengan tema yang memang up to date untuk generasi muda." Ujar Ustadz Bonny.
Salah satu jamaah yang hadir di kajian dakwah malam itu yakni Raisa Ayu seorang mahasantri Zahiatul Qur'an mengatakan bahwa kajian di Masjid Abbas sangat bagus. Tema-temanya ringan dan sesuai dengan apa yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Kajian ini membuat saya lebih semangat. Ia mengaku ketagihan dengan kajian dakwah dengan bahasa yang komunikatif seperti ini.

Reporter : Nenden Servia Sandora

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia